real
        time web analytics

Dari Kami

Street Photography Apa yang Harus Jadi Konsen?


TOPCAREER.ID – Berikut ini beberapa petunjuk dasar untuk mendapatkan foto-foto jalanan yang mempunyai magnitude dan daya hentak kuat dalam genre street photography yang disarikan dari beragam sumber.

Mulai dengan sederhana

Banyak pendapat menyatakan, tanpa mengabaikan sisi kreatif pemotret, angle ekstrim terlampau akrobatik, tidak alamiah akan membuat mata pembaca cepat lelah.

Mulailah street photography dari yang sederhana dulu, dengan angle sejajar mata orang dewasa. Jadikan kameramu mewakili pandangan mata orang-orang kebanyakan. Jepretlah dari sudut yang tidak terlalu rendah, dan tidak terlampau tinggi.

Sudut ini bakal menghadirkan kejutan karena bisa menunjukan sesuatu yang berbeda dari mata orang kebanyakan.

Jepret subjek yang kontras

Jepret subjek yang benar-benar kontras dan bertolak belakang seperti muda-tua, kaya-miskin, besar-kecil, duduk-berdiri, kiri-kanan.

Nilai kontras tersebut menciptakan peran dan ketegangan yang mampu membangun karakter secara total.

Jangan terlalu sibuk dengan teknis

Fokuslah pada subjek, timing, dan lighting. Terlampau meributkan urusan teknis dapat membuat perkara lain jauh lebih penting terlewatkan yakni momen dan pencahayaan.

Untuk mengetes itu, gunakan 3 mode berbeda seperti mode otomatis program, manual atau speed priority saat berburu street photography. Lalu perlihatkan kepada orang lain dan mintalah untuk memilah foto-foto itu. Tanpa diberitahu, foto yang dihasilkan mode berbeda tersebut, bakal sulit teridentifikasi.

Gunakan elemen foto seminim mungkin

Jika perlu, gunakan negatif space untuk membuat komposisi yang sederhana namun tetap kaya cerita. Misalkan bermain garis zebra cross, maka fokuslah pada elemen garis tanpa harus melebar kemana-mana.

Perhatikan hubungan antar subjek foto

Jika harus merekam berbagai subjek dalam satu frame, perhatikan hubungan antar subjek tersebut. Konektivitas membuat foto yang sederhana sekalipun mampu mencuri perhatian.

0 Comments

Skills