real
        time web analytics

Dari Kami

Susahnya Jual Lukisan, Berbulan-bulan Belum Tentu Laku 1


TOPCAREER.ID – Mozley Ahmad Kusnanadar merasa kesulitan membuat karya lukisannya laris manis di pasaran. Karya lukisnya yang bisa ia selesaikan dalam berhari-hari itu belum tentu laku saat itu juga, atau mendapat pesanan lain setelahnya dalam waktu cepat.

Mozley sebagai pelaku seni ini mengaku, lewat karya lukisan itu belum tentu dalam waktu 3 bulan terjual satu karya. Malah kadang ada yang sampai bertahun-tahun juga belum laku. Ia tidak bisa hanya mengandalkan karya lukisnya untuk memperoleh rupiah sebagai pendapatan pasti.

“Kalau lukisan belum tentu setahun laku satu, atau sebulan laku satu. Jadi, saya enggak dikenal-kenal orang kalau jual lukisan. Saya dalam sebulan atau tiga bulan bahkan setahun, belum tentu laku satu lukisan atau dua lukisan. Dua lukisan itu susah,” jelas Mozley kepada TopCareer.id.

Hal itu jadi kesulitan sendiri bagi seorang pelukis yang ingin memasarkan karyanya namun belum memiliki nama. Kerap diakui oleh pelukis bahwa menjual karya lukis itu bukan perkara gampang, apalagi bagi pelukis pemula yang belum punya nama.

Memang ada cara umum memasarkan karya lukisan agar nama bisa semakin dikenal. Misal cara paling lawas adalah menjual lukisan lewat gelaran pameran yang tentunya bukan hal murah. Dari situ biasanya akan ada kurator yang bakal melihat karya pelukis ini di suatu galeri hingga memutuskan membeli.

Lantaran susahnya meraih uang dan nama lewat seni lukis, Mozley lantas mencari terobosan agar karya yang ia hasilkan bisa berbuah manis. Menggambar sketsa wajah jadi pilihan Mozley. Ia menilai, gambar sketsa wajah lebih mudah dipasarkan daripada lukisan.

“Menggambar sketsa itu jadi ajang promosi saya yang paling ampuh. Dengan cara yang lebih simple, yang lebih murah, tapi hasilnya pasti, kalau sehari saya bisa menjual minimal 5 sketsa saja, maka sehari 5 orang mengenal saya dan karya saya,” ujar Mozley.

Ia mengibaratkan, jika sebulan maka setidaknya ada 150 orang yang mengenalnya serta hasil karya sketsa buatannya. Apalagi membuat sketsa wajah itu gampang, dan bisa dilakukan di mana saja dengan peralatan sederhana.

Menurutnya, gambar sketsa yang sudah memiliki karakter itu tidak membutuhkan waktu lama ketika harus dijual jika paham strateginya.

“Sketsa itu garis awal yang sudah mewakili karakter. Jadi, dengan sketsa sudah bisa menebak gambar wajah si A, si B. Dari gambar yang sederhana itu, orang-orang sudah bisa mengenali siapa yang digambar. Gambar sederhana itu bisa menghasilkan uang, sketsa wajah bisa mempromosikan karya,” pungkas Mozley.

0 Comments

Lowongan Terbaru