real
        time web analytics

Dari Kami

Syarat Jadi Presiden Bank Dunia


TOPCAREER.ID – Bank Dunia tengah mencari presiden baru setelah pengumuman dari presiden Jim Yong Kim bahwa ia akan mengundurkan diri dari jabatannya pada 1 Februari. Bank Dunia pun menetapkan kriteria yang pantas menjabat presiden berikutnya. 

Nama-nama jagoan mulai bermunculan digadang mampu mengisi jabatan presiden Bank Dunia ini. Seperti Ivanka Trump, anak dari Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Bahkan Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani disebut mumpuni memimpin World Bank. 

Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia bertemu pada 9 Januari di bawah kepemimpinan Dekannya, Dr. Merza Hasan, untuk membahas proses seleksi untuk Presiden Bank Dunia berikutnya. Dewan Bank Dunia menegaskan komitmennya terhadap proses seleksi yang terbuka, berbasis prestasi dan transparan.

Dalam laman resmi World Bank, Direktur Eksekutif setuju bahwa para kandidat harus berkomitmen pada implementasi Forward Look dan perjanjian paket modal sebagaimana diartikulasikan dalam Sustainable Financing for Sustainable Development Paper. Calon harus memenuhi kriteria berikut:

- Rekam jejak kepemimpinan yang terbukti;

- pengalaman mengelola organisasi besar dengan paparan internasional, dan keakraban dengan sektor publik;

- kemampuan untuk mengartikulasikan visi yang jelas tentang misi pengembangan Grup Bank Dunia;

- komitmen dan penghargaan yang kuat untuk kerja sama multilateral; dan,

- keterampilan komunikasi yang efektif dan diplomatik, imparsialitas, dan objektivitas dalam pelaksanaan tanggung jawab jabatan.

Nominasi akan diajukan selama periode mulai 7 Februari dan berakhir pada 14 Maret, dan dapat dilakukan oleh Direktur Eksekutif, atau oleh Gubernur melalui Direktur Eksekutif mereka. Calon harus warga negara dari negara anggota Bank.

Setelah penutupan periode nominasi, Direktur Eksekutif akan memutuskan daftar pendek hingga tiga kandidat dan mempublikasikan nama-nama kandidat terpilih dengan persetujuan mereka. Wawancara formal oleh Direktur Eksekutif akan dilakukan untuk semua kandidat terpilih dengan harapan akan memilih Presiden baru sebelum Pertemuan Musim Semi 2019.

Presiden Bank Dunia adalah ketua ex officio dari Dewan Direktur International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) dan International Development Association (IDA). Presiden juga merupakan ketua ex officio dari Dewan Direksi International Finance Corporation (IFC), Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA), dan Administrative Council of the International Centre for Settlement of Investment Disputes (ICSID).

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills