real
        time web analytics

Dari Kami

Tahapan Rekrutmen Pramugari Pesawat


Ilustrasi.

TOPCAREER.ID – Untuk menjadi seorang pramugari di sebuah maskapai penerbangan, harus melewati beberapa tahap seleksi hingga akhirnya dinyatakan lolos. Bisa 7 hingga 8 tahap tes yang kudu dilalui kalau mau jadi pramugari. 

“Pada umumnya hampir sama, masing-masing airlines punya step sendiri. Rata-rata antara 7-8 tahap,” kata Pendiri sekolah pramugari Metro Airline School (Metschool), Yosh R. Lukman kepada TopCareer.id beberapa waktu yang lalu. 

Untuk tahap awal ada performance test. Tahap ini menyangkut idealnya tinggi dan berat badan seorang pramugari.  Tapi, standar ideal tiap maskapai penerbangan berbeda-beda. Tahap performance pada rekrutmen pramugari juga dinilai bagaimana cara berjalan, cara duduk, hingga cara berbicara.

Yosh menambahkan, ada juga proses penilaian soal ritme jalan. Seorang pramugari memang bak model, tapi dalam kondisi yang selalu siap siaga, ritme jalan pun akan menyesuaikan, enggak bisa pelan-pelan. 

Setelah tahap performance test, ada psikologi test. Proses ini layaknya tahap seleksi pegawai pada umumnya. Psikotest dilakukan untuk mengetahui sekilas bagaimana kepribadian kandidat calon pramugari. 

Selanjutnya, masuk ke tahap tes kemampuan bahasa Inggris yang menjadi salah satu tahap terpenting di seleksi pramugari. Seleksi bahasa Inggris ini meliputi tes tertulis dan conversation skill.

Tak hanya dari segi kemampuan komunikasi dan bahasa asing saja, seleksi pramugari juga menempatkan tes materi dasar kepramugarian sebagai syarat lolos rekrutmen. Setelah itu ada tahapan yang namanya pemantauan akhir atau pantaukhir.

Di tahapan pantaukhir ini biasanya kandidat bertemu dan di-interview langsung oleh pilot dan para direksi maskapainya. Istilahnya kalau di proses rekrutmen pada umumnya adalah interview with user. Apakah kandidat pramugari ini nantinya bisa sesuai dengan ketentuan yang diinginkan oleh maskapai atau tidak.

Lalu di tahap akhir ada general check up atau tes kesehatan. Tes ini punya porsi yang penting, apalagi melihat jam kerja pramugari yang terbilang padat, dan harus melakukan pelayanan terhadap penumpang secara baik dengan performance yang dimiliki.

“Contohnya kerapatan tulang punggung, ada yang miring atau gimana. Atau ada toleransinya sampai berapa, karena itu terkait dengan tugasnya pramugari. Apa punya hepatitis. Kalau itu sudah pasti enggak masuk. Relatively bersih dari penyakit,” ucap Yosh.

Tes kesehatan itu juga meliputi pemeriksaan darah, gigi, tulang, dan mata. Dan terkait tes bebas narkotika, maka tiap kandidat pramugari harus memiliki surat keterangan lengkap bebas narkoba dari Badan Narkotika Nasional (BNN), serta surat kesehatan dari dokter.

 

0 Comments

Lowongan Terbaru