real
        time web analytics

Dari Kami

Tak Paham Hak Kewajiban Picu Pelecehan Seksual di Kantor


TOPCAREER.ID – Tindakan pelecehan seksual bisa terjadi di mana saja, termasuk di lingkungan kerja. Ada beragam faktor yang membuat pelecehan seksual terjadi di kantor, salah satunya karena tidak adanya komunikasi atau pendidikan seks untuk setiap orang. Padahal dua hal tersebut sangat penting untuk meminimalisasi terjadinya pelecehan seksual.

Menurut seksolog dan hypnotherapist, Baby Jim Aditya, pelecehan seksual di lingkungan kerja terjadi karena kecemasan-kecemasan seksual yang direpresi. Meski tiap orang paham akan seksualitasnya masing-masing, namun jika tidak mendapatkan komunikasi soal seks, maka hak-hak seksual itu akan dikeluarkan tanpa menghargai hak orang lain.

“Kita enggak pernah ada pembicaraannya. Enggak ada pendidikan seks. Tidak ada komunikasi seks. Sehingga akhirnya itu bisa meletup di mana-mana kan. Pokoknya kita membuat semua orang punya akses terhadap pendidikan seksualitas dan reproduksi supaya tahu hak-haknya, tahu kewajibannya,” kata psikolog yang akrab disapa Baby kepada TopCareer.id.

"Sekarang ini kan karena enggak ada pendidikan kita enggak tahu hak-hak orang lain itu apa. Ada yang hak orang lain enggak mau disenggol-senggol kan kita enggak belajar, bahwa orang lain enggak mau dicoel-coel karena kita gemes kan enggak boleh.”

Baby menilai bahwa bukan hanya kaum perempuan yang harus senantiasa waspada akan pelecehan seksual di kantor, tetapi laki-laki juga harus memiliki pendidikan untuk menghargai kehormatan dan kemaluannya sendiri. Selama ini, sejak dini diajarkan bahwa selalu perempuan yang diminta untuk menjaga dan menghargai value dari dirinya, lalu bagaimana dengan laki-laki?

"Karena laki-lakinya enggak pernah dididik untuk menghargai perempuan. Jadi, bukan hanya si perempuan saja yang harus menjaga dirinya, tapi si laki-laki juga harus menghargai tubuh perempuan. Menghargai perempuan sebagai makhluk yang setara, bukan sebagai makhluk objek seksual,” ujarnya.

Ia menambahkan, dampak psikologi yang dialami korban pelecehan seksual tentunya sangat mendalam. Bahkan membutuhkan terapi pemulihan agar akibat buruk yang diterima tidak terbawa hingga ke masa depan. 

0 Comments

Lowongan Terbaru