real
        time web analytics

Dari Kami

Taktik Jitu Fotografer Outdoor Jual Hasil Jepretannya


Sumber: stevenwohlwender.com

TOPCAREER.ID – Tahu dong kalau fotografer alam terbuka akan lebih sering dicari oleh agen-agen travel, atau yang berkaitan dengan pariwisata. Selain agen travel, sebenarnya fotografi alam terbuka bisa dijual ke banyak pihak. Nah, para fotografer profesional ini punya taktik pemasaran masing-masing dalam menggaet klien. 

Dilansir dari Shutterbug, beberapa fotografer spesialisasi alam terbuka seperti Nick Simonite, Christoper Wilson, Steven Wohlwender, dan Andy Biggs membagikan jawaban-jawaban mereka soal menggaet klien lewat hasil fotografi alam terbuka dengan cara mereka masing-masing. 

Mengenai taktik pemasaran, cara apa yang paling berhasil untuk menggaet klien, mengingat saat ini banyak media pemasaran yang tersedia (iklan, surat langsung, email, situs web, panggilan penjualan, media sosial)?

Nick Simonite: Membuat proyek pribadi menurut saya selau jadi cara yang bagus untuk memasarkan diri. Saya merasa ini adalah cara paling organik untuk memasarkan pekerjaan saya. Pemasaran saya selalu bergantung pada hubungan dan referensi pribadi. 

Saya menempatkan proyek-proyek pribadi di luar sana lewat pertunjukan galeri. Orang-orang yang datang ke acara seni ini tertarik pada foto yang dihasilkan dan kemudian dapat berhubungan dengan mereka yang lanjut bisa mengangani iklan mereka.

Andy Biggs: Pemasaran dari mulut ke mulut adalah satu-satunya cara saya yang paling efektif untuk memasarkan bisnis dan layanan saya. Saya rasa sangat penting untuk membuat pelanggan senang, dan ketika orang-orang sangat bahagia mereka akan  berbicara tentang pengalaman mereka dengan orang lain.

Steven Wohlwender: Setiap orang itu pasti berbeda-beda sehingga rencana pemasaran pun harus beragam demi mengakomodasi hal ini. Penuhi semua basic, seperti waktu yang diberikan, uang, dan sumber daya yang kamu miliki. 

Tetapi akan lebih strategis jika paham siapa yang kamu targetkan. Saya tahu profil dan demografi klien potensial saya. Saya menargetkan mereka secara spesifik dengan semua senjata pemasaran dan komunikasi yang saya miliki, termasuk hubungan, jaringan, dan penelitian. Itulah targetnya.

Christopher Wilson: Saya tidak tahu apa yang benar-benar berfungsi, jadi saya melakukan semuanya, seperti iklan, surat langsung, email, situs web, telepon penjualan, media sosial. Ini adalah pendekatan untuk menargetkan populasi sebesar mungkin, tetapi itu harus dilakukan. 

Karena itu, jika saya ditanya apa cara terbaik untuk mendapatkan klien, saya harus mengatakan pertemuan secara langsung.

Biasanya siapa saja klien yang menginginkan hasil fotografi outdoor atau foto alam milik kalian? 

Steven Wohlwender: Klien saya adalah biro iklan, perusahaan desain, dan departemen pemasaran internal perusahaan, karena sebagian besar gambar saya digunakan untuk iklan, pemasaran, dan tujuan branding.

Nick Simonite: Bagi saya, fotografi lanskap paling utama. Mulanya, waktu saya sedang syuting untuk klien yang membawa saya ke alam Texas, kemudian foto dari portofolio itu diambil untuk kampanye iklan. Dimulailah dari sana. 

Fotografi kemudian jadi sumber pendapatan yang layak ketika saya mulai memotret untuk campaign. Kampanye itu biasanya untuk iklan industri pariwisata, seperti New York dan Texas State.

Andy Biggs: Secara komersial, sebagian besar bisnis yang saya lakukan terkait dengan membimbing fotografi safari dan lokakarya atau menjual cetakan seni rupa besar melalui desainer interior. Desainer interior ini bertemu saya melalui cara yang berbeda, sebagian besar karena mendengar tentang cetakan seni saya melalui desainer lain. 

Satu orang melihat saya di tayangan TODAY dan Googling nama saya. Terkadang ini semua tentang bagaimana karya bisa dilihat oleh banyak orang terlebih dulu, selebihnya akan datang sendiri. Saya memulai bisnis fotografi saya pada tahun 2002 dan pada 2006 saya benar-benar fokus melakukan fotografi yang bisa menghasilkan uang. 

Christopher Wilson: Saya jauh lebih tertarik pada elemen manusia dalam elemen alami. Berselancar, mendaki gunung, berdiri di danau di Islandia, apapun itu, saya suka berinteraksi dengan dunia-dunia itu. Fotografi ini telah membawa saya ke hampir semua klien yang saya miliki, seperti Swami Surfboards, Icebreaker Outdoor Clothing, Diners Club, and Fiat.

0 Comments

Lowongan Terbaru