real
        time web analytics

Dari Kami

Takut Dibanned Youtube? Jangan Letakkan Link di Video


TOPCAREER.ID – Melakukan pemasaran lewat video Youtube memang sah-sah saja karena memang dinilai punya efektivitas dalam meningkatkan penjualan. Namun, tetap ada yang perlu diperhatikan biar channel Youtube enggak tiba-tiba di-banned lantaran melanggar aturan. 

Digital Marketing Konsultan, Bibit menyampaikan kepada TopCareer.id, ada salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh pengguna Youtube dalam melakukan pemasaran produk/jasa. Kesalahan itu, yakni meletakkan link dalam video Youtube. 

Menurut Bibit itu jadi hal yang dilarang kalau ingin aman dari banned Youtube. Karena dalam konten biasanya terdapat beberapa iklan yang memang dipasang sistem Youtube secara otomatis. Jadi, orang yang memiliki channel Youtube dilarang memasukkan atau memasang link dalam konten. 

Link itu misalnya link blabla, Youtube ngebaca hal itu sepertinya akun ini lagi nge-spam buat naikin traffic-nya si link tersebut. Kalau kebanyakan tanam link bisa di-banned,” kata Bibit ketika ditemui oleh TopCareer.id

Selain peletakan link dalam konten video, ada hal lain yang harus diperhatikan biar channel Youtube tak kena banned. Berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari.

Reupload Video Milik Orang Lain

Kalau melakukan reupload video milik orang lain, ini sudah termasuk dalam pelanggaran hak cipta sehingga sudah pasti kena banned Youtube. Kalau memang mau melakukan reupload, ada baiknya jika kamu minta izin terlebih dahulu dengan pemilik video atau gunakan video dengan lisensi sumber terbuka.

Thumbnail yang Menipu

Jangan karena ingin memperoleh banyak penonton, lantas thumbnail yang dibuat tak sesuai dengan konten video. Ketika thumbnail tak sesuai konten, akan banyak pengunjung yang bakal melaporkan konten atau tidak menyukai video yang sudah dibuat. Beberapa gambar thumbnail yang dimaksud juga meliputi:

- Gambar thumbnail yang diberi tanda panah merah

- Gambar thumbnail menggunakan lingkaran

- Gambar thumbnail berbau pornografi

- Gambar thumbnail tidak sesuai dengan isi konten

Deskripsi yang Berlebihan

Demi mengejar optimasi video, elemen deskripsi ini memang jadi penunjang pentingnya. Namun, hindari deskripsi yang tidak sesuai dengan isi video, di mana banyak kata populer tersemat. Kata-kata yang tak sesuai atau berlebihan bakal dianggap spam oleh Youtube.

Tag Berlebihan

Lagi-lagi, jangan sampai berlebihan dalam memasukkan tag. Meski tag ini jadi salah satu aspek dalam meningkatkan optimasi video, tapi enggak boleh berlebihan yaa. Tag yang berlebih atau melenceng dari isi video akan dianggap spam oleh Youtube. Siap-siap di-banned kalau kamu berlebihan menggunakan tag

Setidaknya tag yang digunakan hanya boleh berisi 2 sampai 5 kata, kemudian tidak boleh menggunakan spam, dan tidak boleh menambahkan tag di kolom Meta Deskripsi.

 

0 Comments

Lowongan Terbaru