real
        time web analytics

Dari Kami

Tanda-Tanda Kamu Sudah Kecanduan Game


TOPCAREER.ID – Selain kelelahan kerja, kecanduan game juga masuk dalam klasifikasi penyakit internasional. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memasukkan kecanduan game sebagai salah satu penyakit kesehatan mental.

Hal ini mereka masukkan dalam International Classification of Diseases (ICD) revisi terbaru atau ICD-11. Mengutip Kotaku, versi baru ICD ini mencakup gangguan akibat kecanduan gim sebagai salah satu penyakit.

Mengutip laman icd.who.int, WHO menyatakan bahwa gangguan tersebut ditandai oleh perilaku bermain game secara terus menerus atau berulang. Entah itu game secara daring (online) atau luring (offline). Tiga gejala yang terlihat sebagai kecanduan gim adalah;

1. Gangguan kontrol atas game, misalnya frekuensi, intensitas, durasi, pemutusan, dan konteks.

2. Peningkatan prioritas yang diberikan pada game sehingga game didahulukan daripada minat hidup dan aktivitas sehari-hari lainnya.

3. Kelanjutan atau peningkatan permainan meskipun terjadi konsekuensi negatif. Pola perilaku tersebut memiliki tingkat keparahan yang cukup untuk menghasilkan penurunan signifikan dalam bidang fungsi pribadi, keluarga, sosial, pendidikan, pekerjaan, atau fungsi penting lainnya.

Namun, WHO memberikan catatan, bukan berarti ketika seseorang memperlihatkan tiga gejala tersebut, dia bisa langsung dikategorikan sebagai kecanduan game. 

“Pola perilaku permainan mungkin terus menerus atau episodik dan berulang. Perilaku permainan dan fitur lainnya biasanya bisa dilihat selama setidaknya 12 bulan agar diagnosis bisa ditetapkan," tulis pernyataan WHO.

Lebih lanjut WHO menyatakan bahwa bahwa durasi tersebut bisa dipersingkat apabila semua persyaratan diagnostik terpenuhi dan pasien memperlihatkan gejala yang parah. WHO mengumumkan bahwa ICD-11 akan mulai berlaku pada 1 Januari 2022.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills