real
        time web analytics

Dari Kami

Tempat Terjorok di Pesawat


TOPCAREER.ID – Bagi kamu yang sering pergi melakukan perjalanan bisnis dengan pesawat mungkin harus tahu dimana tempat terkotor di pesawat. Tujuannya tentu untuk menghindari kemungkinan tertular penyakit.

Kamu bisa menebak dimanakah bagian terkotor di pesawat? Jika jawabannya sandaran kepala kursi penumpang, kamu tepat. Seperti dilansir Mirror, terungkap dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Marketplace bahwa sandaran kepala pada kursi pesawat terbukti menjadi tempat paling banyak bersarangnya kuman.

Jika ditelisik lebih jauh hal tersebut tidak mengejutkan sebenarnya. Sebab tengok saja dalam satu hari sebuah pesawat dapat mengangkut ratusan penumpang yang beragam sekaligus. Penumpangnya pun seringkali menyentuh sandaran tersebut. Sandaran kepala ini menjadi tempat bersentuhan para penumpang secara tidak langsung.

Oleh karena sandaran kepala ada di tiap kursi dan keberadaannya tepat di sisi belakang kepala, maka untuk menghindari bersentuhan dengan sandaran kepala menjadi sebuah hal yang sama sekali tidak mungkin. Penelitian yang dilakukan ini caranya mengambil 100 sampel dari sandaran kursi, sabuk pengaman, saku kursi, meja nampan, pegangan pintu toilet bagian dalam.

“Saya benar-benar takjub tentang penemuan yang didapatkan dari penelitian yang dilakukan. Beberapa dari kuman bahkan lebih menakutkan dari jenis lainnya,” ungkap Keith Warriner, ahli mikrobiologi.

Salah satu bakteri yang didapatkan dari penelitian yang melibatkan 100 sampel tersebut, ialah bakteri E. Coli terdapat pada sandaran kepala. Selain itu, pada kursi atau tempat duduk penumpang, yang menjadi lokasi paling nyaman selama perjalanan udara, nyatanya telah terkontaminasi tinja.

“Saya terkejut. Jujur, saya telah melihat pesawat dan saya sering bepergian menggunakan pesawat. Saya menyadari ada begitu banyak tempat yang berbeda, lokasi kuman dapat ditemukan,” ucap Jason Tetro, pekerja pengendalian infeksi.

Dia pun mengaku tidak pernah menduga sebelumnya sandaran kepala dan kursi tempat duduk menjadi dua lokasi yang paling kotor dan jorok. Kendati demikian, tetap masih ada cara untuk menurunkan risiko infeksi bakteri yang dapat dilakukan, misalnya dengan mencuci tangan sebelum makan atau menyentuh wajah.

0 Comments

Lowongan Terbaru