real
        time web analytics

Dari Kami

Tentukan Library pada Android Studio


TOPCAREER.ID – Para Android developer pasti memilki alat tersendiri dalam mempercepat proses kerjanya, layaknya profesi lain pada umumnya. Android studio jadi salah satu alat penting bagi Android developer. Android Studio ini menyediakan alat tercepat untuk membuat aplikasi di setiap tipe Android.

Gunakan fungsi library pada Andorid Studio demi mempercepat pengembangan aplikasi Android. Namun, banyaknya library yang tersedia di github dan lainnya kadang membuat Android developer kebingungan. Berikut faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan library yang akan dipakai.

Fungsional

Ini sebenarnya faktor dasar dalam memilih library yang membantumu selama proses pengembangan aplikasi. Pastikan kamu memilih library yang memilik fungsi cukup untuk aplikasimu. Misal, jika bisa dilakukan oleh satu library, ya cukup satu library saja. 

Read Me & Quick Start

Setelah itu coba cek Read Me and Quick Start karena faktor ini sangat penting. Perlu diingat, masing-masing library punya method dan teknik penggunaan yang berbeda. Jadi, pilihlah yang paling mudah dan seefisien mungkin dalam mempelajarinya. Kalau kamu menggunakan yang paling efisien tentunya bisa menghemat waktu dalam mempelajari integrasi library tersebut pada aplikasi tersebut.

Source Code

Pastikan source code dari library tersedia dalam bentuk open source, karena apabila kita ingin meng-customize dengan kebutuhan aplikasi kita dapat menelusuri method-method yang ada di library tersebut.

Visualisasi

Visualisasi library tersebut yakni video tutorial, screenshots, demo aplikasi yang menggunakan library tersebut, dan real aplikasi yang ada di Playstore yang menggunakan library tersebut. 

Histori Aktivitas & Komunitas

Jika library tersebut sudah sangat lama tidak di-update atau terdapat banyak issue, dapat dijadikan pertimbangan dalam pemilihan library karena menyangkut dengan pengembangan aplikasimu ke depan yang bersangkutan dengan library tersebut. 

 Dokumentasi

Library tersebut dibuat dengan dokumentasi yang baik yang menujukkan kelas-kelas yang ada serta reference yang dapat kamu akses semudah mungkin. Hal itu tentu demi menunjang proses mempelajari dan integrasi library dengan aplikasi.

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Lowongan Terbaru