real
        time web analytics

Dari Kami

Tiga Alasan Terkuat Investor Mau Tanam Modal untuk Startup


Ilustrasi.

TOPCAREER.ID – Demi meraih dana tahap pertama dari angel investor untuk kehidupan startup, perlu cari tahu dulu kira-kira alasan apa yang mendasari angel investor mau memilih startup-mu untuk berinvestasi. Biasanya sebelum memutuskan untuk berinvetasi, angel investor tetap melihat beberapa faktor.

Business News Daily merangkum tiga alasan angel investor ingin berinvestasi terhadap startup berdasar survei dari Propel(x), yang merupakan platform online angel investment.

1. Tim manajemen

Manajemen yang luar biasa jadi hal penting untuk bisnis apapun. Tiga perempat responden survei yang dilakukan Propel(x) mengatakan bahwa tim manajemen startup adalah pertimbangan terbesar mereka untuk berinvestasi.

Startup tidak hanya tentang teknologi atau ide bisnis, tetapi juga sangat berkaitan dengan orang-orang di belakang mereka,” kata Swati Chaturvedi, CEO dan salah satu pendiri Propel (x). 

Ia menambahkan, sebuah tim yang menarik dan berpengalaman dapat menjual visi, lalu dampak potensial adalah kunci keberhasilan. Kemudian kualitas bisnis luar biasa yang perlu dimiliki oleh tim manajemen adalah integritas. “Kejelasan strategi dan pendekatan, profesionalisme, dan tekad.”

2. Kemampuan untuk memahami teknologi

Angel investor ingin memahami bisnis seperti apa yang akan mereka biayai, terutama untuk startup di bidang teknologi. Lebih dari 50 persen responden mengklaim hal ini sebagai salah satu alasan utama mereka untuk berinvestasi, dan 94 persen merasa terbantu jika pemateri (founder) menjelaskan teknologi di dalam perusahaan mereka sebelum berinvestasi. 

Bahkan, banyak yang memilih untuk tidak berinvestasi dalam bisnis tertentu karena ketidakmampuan mereka untuk memahami teknologi secara efisien.

Semakin mudah startup memberikan pemahaman pada angel investor untuk mengetahui lebih dalam, mengevaluasi, dan berpartisipasi dalam startup sains dan teknologi, maka kesempatan uang masuk akan semakin terlihat ke perusahaan-perusahaan yang layak ini, dan manfaat bagi umat manusia bertambah.

3. Potensi return on investment (ROI)

Secara alami, para angels ini mencari peluang yang akan menguntungkan mereka juga. Empat puluh sembilan persen peringkat ROI potensial sebagai faktor utama mereka untuk membuat keputusan investasi.

Sementara beberapa investor memang mencari kompensasi finansial, tidak semua tertarik hanya pada uang. Beberapa menginginkan jenis pengembalian yang berbeda: kemampuan untuk memecahkan tantangan terbesar dunia melalui bisnis yang mereka danai.

Hampir sepertiga angels akan memilih untuk berinvestasi di perusahaan berdasarkan hubungannya dengan masalah sosial yang penting.

“Memiliki dampak penting, terutama berinvestasi dalam hal-hal seperti penyembuhan penyakit, menangani konsumsi pangan populasi global yang terus bertambah, mendorong planet dengan energi bersih dan bahkan membawa kita ke ruang angkasa," Lisheng Wang, Pendiri Propel(x) dan kepala pengembangan investor. 

Lebih lanjut ia mengatakan, startup sains dan teknologi khususnya, harus memperhatikan bahwa ketika meningkatkan modal, mereka harus menekankan dampak dari solusi mereka selain potensi pengembalian kepada investor. “Ini bukan hanya tentang 'apa,' itu juga tentang 'jadi apa?’”

 

0 Comments

Lowongan Terbaru