real
        time web analytics

Dari Kami

Tiga Kesalahan Pelamar CPNS Saat Seleksi


Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS. (Sumber: Kemensos)

TOPCAREER.ID – Berdasar rekapitulasi Tim Help­desk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 yang disediakan Badan Kepegawaian Negara (BKN), ada beberapa kesalahan yang dilakukan pelamar CPNS sehingga menjadi hambatan dan menyulitkan para pelamar itu sendiri saat seleksi.

Dalam siaran pers BKN, setidaknya ada tiga kesalahan yang dilakukan para pelamar CPNS tahun lalu beserta antisipasinya agar masalah tersebut tak kembali terulang pada seleksi CPNS Tahun Anggaran (TA) 2018. Berikut tiga kendala yang sering dialami oleh peserta CPNS.

Nomor Induk Kependudukan (NIK)/Kartu Keluarga (KK) yang Tidak Ditemukan

Bagi kamu yang berniat melamar CPNS untuk tahun ini, ada baiknya jika memastikan NIK/KK yang ada di KTP kamu itu sudah benar-benar terkonfirmasi.

BKN menyarankan untuk memastikan NIK dan KK yang akan digunakan saat pendaftaran online lewat Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) BKN. Pastikan juga sudah update dalam database kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) pusat.

Salah Memasukkan Data

Menurut laporan dari Tim Helpdesk CPNS 2017, kesalahan pelamar saat seleksi SSCN, yakni terburu-buru melakukan pendaftaran, sebelum memastikan kembali kebenaran data yang di-input. Padahal, kesalahan input data tidak bisa diperbaiki.

Begitupun kesalahan lantaran tak cermat terhadap fitur-fitur yang terdapat pada portal SSCN. Tata cara pengisian kolom atau pengisian data di SSCN juga banyak yang tidak sesuai dengan yang diminta.

“Data tempat lahir, tanggal lahir, formasi yang dipilih. Itu antara lain,” kata Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Media dan Antar Lembaga Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Diah Eka Palupi saat ditanya TopCareer.id soal data apa saja yang banyak salah di-input oleh pelamar CPNS.

Salah Input Dokumen Pendaftaran

Sebelum kamu daftar CPNS, coba pahami semua alur yang terkait, bagaimana kualifikasi dan persyaratannya. Saring informasi sebaik mungkin agar tidak salah saat menjalankan prosesnya.

Tahun lalu banyak pelamar yang cenderung tak mencermati syarat atau kualifikasi dan dokumen yang diminta sehingga yang terjadi adalah salah input dokumen persyaratan.

Dalam rilisnya, BKN kini tengah melakukan persiapan infrastruktur seleksi penerimaan CPNS TA 2018. Persiapan itu, seperti pendaftaran melalui SSCN, pelaksanaan seleksi administrasi, Computer Assisted Test (CAT) BKN, serta membentuk Tim Helpdesk CPNS TA 2018.

Hal itu semua tengah dilakukan sambil menunggu pengumuman resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi dan Birokrasi (Kemenpan RB).

0 Comments

Lowongan Terbaru