real
        time web analytics

Dari Kami

Tiga Kesalahan yang Sering Dibuat Fotografer Wedding Pemula


TOPCAREER.ID – Bagi pemula yang memang minim pengalaman, pasti akan banyak menemui sejumlah kesalahan, tak terkecuali bagi fotografer pernikahan. Karena minim pengalaman, fotografer pemula banyak dianjurkan untuk membuat planning backup di beragam kondisi. 

Dilansir dai Photography Talk, berikut tiga kesalahan yang paling sering dilakukan oleh fotografer wedding pemula.

Tidak Memiliki Rencana Back Up

Ketika punya acara yang sama pentingnya dengan pernikahan, kamu harus siap di semua aspek dengan rencana back up. Misal, apa yang terjadi jika hujan di hari pernikahan? Bagaimana jika venue terkunci ketika kamu sampai di sana? Bagaimana jika mobil mogok di jalan?

Memang, bermain dengan kata “bagaimana jika” bisa membuat daftar panjang hal buruk dari potensi bencana. Namun, jika tidak memikirkan segalanya dan tak memiliki rencana cadangan untuk kemungkinan tersebut, kamu bisa benar-benar terpuruk.

Di bagian logistik, kamu bisa persiapkan kondisi terkait dengan cuaca, begitupun dengan tempat. Coba kunjungi tempat dari jauh hari sebelumnya. Temukan tempat-tempat di dalam ruangan, di mana kamu dapat mengambil foto pasangan bahagia dan keluarga mereka meski dalam kondisi hujan. 

Terkait perlengkapan, kalau bisa duplikat semua perlengkapan. Bawa setidaknya dua badan kamera dan beberapa lensa. Miliki beberapa baterai untuk kedua kamera, dan pastikan terisi penuh. Begitu juga siapkan beberapa kartu memori, jadi ketika salah satu mengisi, kamu bisa dengan cepat menukarnya.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah mempersiapkan diri sebaik mungkin dan berusaha menyiapkan diri untuk sukses jauh sebelumnya. Teruslah berlatih, hingga tiba saatnya untuk mengambil job wedding pertama, kamu akan jauh lebih mampu melakukannya.

Menyelam Tanpa Banyak Pengalaman

Ilmu fotografi cukup sulit untuk dikuasai sendiri. Tetapi mencoba memotret sesuatu yang sama pentingnya dengan pernikahan tanpa banyak pengalaman sebelumnya adalah kesalahan terbesar yang biasa dilakukan.

Memang, untuk menjadi andal kamu butuh batu pijakan dalam memulai, tetapi titik awal itu bukan di pernikahan seseorang sebagai fotografer utama. Sebaliknya, carilah peluang untuk menjadi asisten kedua bagi fotografer pernikahan yang lebih berpengalaman.

Bekerja dengan fotografer yang sudah andal, akan membuatmu memperoleh pengalaman yang kamu butuhkan. Selain itu, kamu bisa terhubung dengan seseorang yang lebih berpengalaman berkecimpung di dunia tersebut, dan dapat menawarkan saran penting ketika kamu akan mengembangkan keterampilan fotografi pernikahan.

Sangat penting bagi fotografer untuk mengembangkan keterampilan bisnis mereka juga. Fotografer perlu tahu bagaimana memasarkan diri dan paham soal bisnis, bagaimana brand yang akan ditawarkan, bagaimana mengembangkan harga, dan membuat seperangkat produk dan layanan untuk klien.

Semua itu membutuhkan banyak pengetahuan bisnis yang mungkin atau tidak kamu miliki. Jika kurang paham dalam bisnis, seorang mentor dapat membantu agar lebih terstruktur. Apapun yang dilakukan, jangan membuat kesalahan dengan langsung terjun sendiri ke fotografi pernikahan. Dapatkan pengalaman pertama!

 Memberi Klien Produk Berkualitas Buruk

Lakukan dengan benar setiap pekerjaanmu, termasuk fotografer pernikahan. Kadang kali fotografer pemula melakukan kesalahan dengan memberikan hasil yang tak sesuai dengan mau klien. Padahal jika melakukan suatu yang salah terhadap klien, maka akan punya beragam masalah selanjutnya. 

Misalnya, jika klien menginginkan untuk dibuat dalam cetakan kanvas yang besar dan kamu malah berusaha memperoleh barang dengan cara murah, kemudian menyajikannya dengan cetakan yang dibuat dengan buruk. Tidak perduli seberapa bagus foto yang kamu ambil, hal itu tetap akan menjadi masalah. 

Dengan kata lain, tidak hanya terkait hasil foto yang akan kamu berikan. Namun, juga produk-produk terkait fotografi tersebut, seperti figura hingga cetak foto. Carilah dengan kualitas terbaik jika ingin diberikan kepada klien.  

0 Comments

Lowongan Terbaru