real
        time web analytics

Dari Kami

Tiga Keterampilan yang Paling Laris di 2030


TOPCAREER.ID - Bangkitnya kecerdasan buatan (artificial intelligence) secara cepat mengubah bagaimana industri bekerja, pun ketika perusahaan dalam menginginkan talenta. Menurut laporan baru dari McKinsey Global Institute, setidaknya ada 3 keterampilan yang paling laris pada 2030. 

Berikut tiga keterampilan yang dimaksud ole laporan McKinsey Global Institute beserta jenis pertanyaan wawancara yang diberikan HRD untuk memilih apakah Anda orang yang tepat. 

1. Keterampilan sosial dan emosional

Pengusaha ingin tahu Anda memiliki kecerdasan manusia, sehingga mereka akan mengajukan pertanyaan yang menentukan seberapa baik Anda bekerja dengan orang lain, seberapa cerdas Anda secara emosional dan apakah Anda memiliki keterampilan manajerial yang kuat.

Contoh pertanyaan interpersonal dan kepemimpinan:

“Ceritakan padaku tentang saat kamu menyelesaikan perselisihan dengan teman kerja. Bagaimana Anda menangani situasi dan apa hasilnya? "

 “Bagaimana Anda memantau dan mengukur kinerja orang yang Anda kelola?”

Pertanyaan empati:

“Sebutkan satu pesaing pasar kami dan apa yang mereka lakukan dengan lebih baik. Apa yang bisa kita lakukan untuk memenangkan pelanggan mereka?”

2. Keterampilan kognitif yang lebih tinggi

“Di Microsoft dan Amazon, kami akan mengajukan pertanyaan yang mengungkapkan perspektif kandidat tentang hal-hal seperti penyelidikan, data, dan eksperimen. Bagaimana mereka menafsirkan berbagai bentuk data? Bagaimana mereka meneliti insting dan asumsi mereka sendiri,” kata CEO Outreach, Manny Medina dalam CNBC Make It. 

Pihak pemberi kerja tidak mencari "jawaban sempurna," tetapi mengharapkan lebih dari sekadar firasat atau eksperimen setengah matang.

Contoh pertanyaan: “Jika departemen SDM kami melembagakan kebijakan kerja-dari-mana saja (mobile), bagaimana Anda mengakses dampaknya?”

Pewawancara mungkin membaca sekilas resume Anda dan mencari sesuatu yang terdengar rumit dan asing bagi mereka (misal Hobi seperti catur atau seni bela diri) - dan kemudian memukul Anda dengan serangkaian pertanyaan tentang topik itu. 

Contoh pertanyaan:

“Bagaimana kamu bermain catur? Apa aturan paling penting? Apa manfaat kognitif dari bermain catur?”

3. Keterampilan teknologi

Bergantung pada peran apa yang Anda lamar, pewawancara Anda akan mencari keterampilan teknologi mulai dari tingkat lanjut (mis., Pengkodean, pemrograman) hingga dasar (mis., Media sosial, pemecahan masalah).

Untuk bagian posting, pertanyaan-pertanyaan akan terkait dengan dasar-dasar ilmu komputer, kemahiran dalam perangkat lunak dan masalah terbuka yang mungkin Anda selesaikan melalui pengkodean.

Contoh pertanyaan:

“Ceritakan tentang keputusan teknis yang harus Anda buat dalam pekerjaan teknik terakhir Anda. Bagaimana keputusan Anda memengaruhi hasil? "

 “Kapan terakhir kali Anda mengunduh utilitas dari Internet untuk membuat pekerjaan Anda lebih produktif? Apa itu? Apakah itu membantu Anda menjadi lebih baik dalam pekerjaan Anda? Mengapa atau mengapa tidak?"

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills