real
        time web analytics

Dari Kami

Tipe Pekerjaan yang Diinginkan Gen Z


TOPCAREER.ID – Glassdoor merilis sebuah studi yang mengungkapkan bagaimana kondisi tenaga kerja yang akan didominasi oleh Generasi Z. Tak mengherankan, salah satu hasil dari studi itu menunjukkan bahwa Gen Z lebih menginginkan bekerja di perusahaan teknologi dan juga di posisi IT (information technology).

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Gen Z, Glassdoor menganalisis lamaran pekerjaan yang diajukan di situs tersebut antara 1 Oktober 2018, dan 11 Januari 2019.  Pro dan kontra dari setiap pekerjaan yang didaftar oleh Gen Z dan karyawan milenial selama waktu itu dikumpulkan.

Pekerjaan sesuai permintaan

Para pelamar Gen Z sangat menginginkan jenis pekerjaan di industri teknologi, dan industri ini memimpin daftar teratas karena Generasi Z hanya mengenal dunia dengan internet. Tujuh dari 10 perusahaan teratas ada di industri ini, termasuk IBM, Microsoft, Google, Amazon dan Oracle. Dengan preferensi ini, Gen Z sangat mirip dengan rekan milenial mereka.

Pelamar Gen Z secara signifikan kurang tertarik pada perusahaan non-teknologi. Tiga perusahaan non-teknologi yang masuk 10 besar untuk Gen Z adalah Deloitte, sebuah perusahaan akuntansi; NBCUniversal, konglomerat media; dan Lockheed Martin, sebuah perusahaan kedirgantaraan dan pertahanan.

Pekerja muda yang berhasil masuk ke perusahaan Gen Z yang paling banyak dicari juga menilai perusahaan-perusahaan itu sangat tinggi di Glassdoor. Menurut temuan perusahaan, Apple, Google dan Microsoft masing-masing mencetak 4,6 dari 5 peringkat persetujuan dari demografis ini. Perusahaan berperingkat tinggi lainnya termasuk Facebook dan Morgan Stanley.

Tidak mengherankan, posisi bidang teknologi adalah yang paling diinginkan dalam kelompok Gen Z. Menurut data Glassdoor, sekitar 19 persen aplikasi ini yang diisi di situs web perusahaan, yakni untuk karier insinyur perangkat lunak (software engineer), yang memiliki lebih dari 60.000 lowongan dan gaji rata-rata USD98.500. 

Posisi sangat terampil lainnya yang dicari oleh Generasi Z termasuk pengembang perangkat lunak dan insinyur mesin. Pekerjaan bergaji tinggi lainnya dalam pandangan Gen Z adalah analis bisnis, dengan gaji rata-rata USD73.000; analis perbankan investasi, dengan gaji rata-rata USD80.800; dan analis keuangan, dengan gaji rata-rata USD70.000.

 

0 Comments

Skills