real
        time web analytics

Dari Kami

Tips Berpakaian untuk Wawancara Beasiswa


TOPCAREER.ID – Tidak hanya wawancara kerja yang harus berkesan lewat penampilan berpakaian, interview untuk mengajukan beasiswa juga perlu diperhatikan pakaiannya. Apa yang kamu kenakan akan mencerminkan kepribadianmu. Berikut tips berpakaian saat interview beasiswa.

Setelan rapi

Sebagian besar wawancara beasiswa mengharuskanmu berpakaian formal, tetapi apa artinya "pakaian formal"? Jangan khawatir, kamu tidak harus berpakaian ala James Bond. Dalam hal ini, pakaian laki-laki formal mengacu pada kemeja lengan panjang, blazer, dasi, celana panjang hitam dan sepasang sepatu.

Untuk perempuan, pakaian yang sesuai berupa setelan celana atau rok yang terdiri dari kemeja berkerah, blazer, celana panjang hitam atau rok panjang ¾ yang dipasangkan dengan flat-toe tertutup. Kamu juga bisa memilih simple shift dress dalam kebanyakan situasi.

Note: Beberapa wawancara mungkin memerlukan kode berpakaian yang berbeda, jadi penting untuk memeriksanya terlebih dahulu. Namun, bahkan jika kamu diizinkan untuk berpakaian santai, tetap tinggalkan celana jins dan tetap kenakan kemeja berkerah dan celana panjang. 

Berpakaian konservatif

Salah satu aturan praktis yang berlaku untuk wawancara apapun adalah berpakaian secara konservatif. Ini berarti tidak ada blus tipis, atasan tanpa lengan, pakaian ketat atau garis leher yang jatuh. Menjaga rok atau gaunmu di bawah lutut.

Laki-laki harus mengenakan kemeja lengan panjang dan memilih kaus kaki semi-betis berwarna gelap yang tidak akan menunjukkan kulit apa pun saat Anda duduk.

Mungkin tampak seperti buang-buang waktu yang sangat besar untuk mengkhawatirkan detail-detail yang tampaknya tidak signifikan ini, tetapi berpakaian dengan sopan menunjukkan bahwa kamu sadar akan kepekaan budaya dan telah menghormati pewawancara serta organisasi yang memberikan beasiswa.

Pilih warna yang tidak norak

Saat memilih pakaian, perhatikan warnanya. Ini cara yang bagus untuk menunjukkan kepribadian. Jadi tetap berpegang pada warna-warna seperti biru tua, hitam atau abu-abu gelap untuk blazer, celana atau rok. Pasangkan dengan kemeja putih atau biru untuk melembutkan perpaduan tersebut.

Ingatlah untuk tidak mengenakan yang terlalu norak seperti oranye terang, merah keras atau merah muda dan hijau neon. Pilih warna yang menonjolkan penampilan, tetapi jangan mengalihkan perhatian.

Gunakan aksesori minimal

Untuk pria yang mengenakan ikat pinggang, pilih satu gesper yang tidak terlalu mencolok. Jika memungkinkan, cobalah untuk mencocokkannya dengan warna sepatu. Kamu bisa memakai arloji tetapi simpan semua perhiasan lainnya seminimal mungkin.

Jika kamu memakai riasan, jaga agar tetap halus dan jangan berlebihan. Hindari menggunakan aksesoris rambut besar atau keras juga, seperti ikat kepala dengan busur besar atau jepit rambut permata. Jika perlu membawa tas, hindari ransel dan pilihlah sesuatu yang terlihat lebih profesional, seperti tas kerja atau tas kecil.

Jangan mengabaikan aspek lain dari penampilan

Bagi laki-laki, hindari gaya rambut trendi dan pilihlah gaya konservatif. Demikian pula, rambut wajah harus rapi (atau pergi untuk mencukur bersih). Untuk perempuan, jaga agar penampilan tetap dipoles, ikat rambut panjang dengan kuncir atau sanggul yang rapi. 

Rambut pendek juga harus ditata dengan rapi. Sementara itu, jika kamu mengenakan jilbab, pilih cara sederhana, pilih hijab dengan warna solid, netral atau cetakan kecil yang cocok dengan blus atau bajumu. Penting juga untuk menjaga kuku tetap pendek dan bebas dari cat kuku yang terkelupas atau berwarna cerah. 

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait