real
        time web analytics

Dari Kami

Tips: Data Kantor Tetap Aman Meski dalam Perjalanan Bisnis


TOPCAREER.ID – Mengamankan data pribadi jadi hal yang penting saat melakukan traveling atau bepergian. Saat kamu harus bekerja di luar kantor atau rumah, keamanan informasi bisa jadi sangat berisiko. Tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan biar data pribadi tetap aman meski dalam perjalanan.

Berikut beberapa kiat berguna agar perjalanan bisnismu nyaman dan tak merasa khawatir akan keamanan data pribadi atau data perusahaan:

1. Coba pelajari lebih dalam soal kebijakan keamanan informasi perusahaanmu untuk tetap mengikuti praktik terbaik dan ketahui apa yang harus dilakukan jika informasi perusahaan berisiko disusupi.

2. Simpanlah perangkat elektronik, telepon, dompet, kartu bank, materi tertulis, dan fotokopi dokumen. Jika kamu tak berniat membawanya saat bepergian, taruh dalam brankas.

3. Hati-hati ketika memaparkan informasi rahasia kepada orang-orang yang tidak dikenal. Gunakan screensaver yang mencegah orang luar melihat layar komputermu. Selain itu, berhati-hatilah saat melakukan percakapan dengan rekan kerja. Pastikan tidak ada yang mendengarkan.

4. Jangan tinggalkan informasi rahasia di kamar hotel atau ruang rapat tanpa pengawasan. Jika kamu tidak lagi membutuhkannya, pastikan sudah dibuang dengan benar dan tidak ada yang bisa membacanya.

5. Buat semua device atau perangkatmu dilengkapi dengan kata sandi saat mengaksesnya atau penguncian layar. Jika memungkinkan, atur juga beberapa bentuk enkripsi.

6. Jangan masukkan kredensial ke komputer publik.

7. Jangan gunakan jaringan yang tidak dikenal. Saat tersambung ke internet, gunakan jaringan yang dapat diandalkan dan akses VPN.

8. Jangan mencolokkan aksesori yang tidak kamu percaya.

9. Gunakan halaman aman (https).

 10.Jangan akses tautan tidak dikenal atau unduh file mencurigakan.

11. Coba awasi tempat di mana kamu mengisi daya ponselmu. Colokan dapat dicurangi untuk mengakses informasi dari perangkat seluler.

12. Jangan bagikan kata sandi dengan siapapun, atau gunakan manajemen kata sandi pada website.

 

0 Comments

Lowongan Terbaru