real
        time web analytics

Dari Kami

Tips Efisien Motret dari Drone


TOPCAREER.IDNgejepret foto pemandangan pantai dari ketinggian pakai drone hasilnya kadang bisa bikin mulut menganga. Teknik foto ini memang tengah tren apalagi buat promosi suatu tempat/daerah wisata. Tapi sebelum itu, harus paham dulu memetakan foto yang akan diambil sebelum terbang.

Drone photography atau nama kerennya aerial photography ini membutuhkan dua skill yang berbeda dalam satu pekerjaan. Pertama skill fotografi itu sendiri serta skill sebagai pilot drone.

Bagi seorang fotografer drone, pemetaan wilayah sebelum terbang dan memotret itu perlu dilakukan. Itu yang dikatakan oleh aerial fotografer Anton Chandra. Menurutnya, hal tersebut dilakukan agar drone yang diterbangkan tidak menghabiskan waktu di atas saat memotret objek.

“Saya melihat dulu dari bawah. Oh ini objeknya mercusuar, foreground-nya orang lagi snorkling atau perahu. Background-nya, pulau yang ada di seberang dan awan. Dan itu pola pikir saya sudah sampai situ,” ucap Anton saat diwawancarai oleh TopCareer.id.

Kalau sudah dipetakan sebelum terbang, maka ketika terbang hanya tinggal potret-potret saja sesuai titik yang sudah ditentukan. Jadi, kata Anton, proses eksplorasi itu tidak dilakukan di atas saat drone terbang, melainkan dari bawah.

Ketika skill yang dikuasai hanya pengoperasian drone, maka hasil foto yang dihasilkan tanpa memetakan bisa saja malah tidak sesuai bayangan. Lagi pula, dengan melakukan pemetaan bisa menghemat pemakaian baterai drone itu sendiri.

“Karena kalau enggak punya konsep pemetaan itu terus terbang, 20 menit turun terus ganti baterai, charge dulu, eh nge-charge-nya satu jam. Jadi saat saya terbang, mencari apa yang sudah dipetakan, enggak terbang-terbang dulu ngabisin baterai,” ucap Anton.

Lagi-lagi, kedua skill yang dibutuhkan harus terasah dengan sempurna mengingat jangkauan capture yang dihasilkan aerial fotografi dengan fotografi biasa sangat berbeda. Di satu sisi kemampuan menerbangkan drone harus digali agar aman selama penerbangan. Sementara keterampilan fotografi dipakai agar hasil foto memiliki komposisi yang tepat.

0 Comments

Lowongan Terbaru