real
        time web analytics

Dari Kami

Tips Jadi Pastry Chef yang Ahli


TOPCAREER.ID – Gemar membuat kue dan beragam pastry bisa menimbulkan keinginan diri untuk menjadi chef pastry yang ahli. Tapi tak hanya gemar masak kue saja, untuk menjadi pastry chef harus punya banyak keahlian, apa saja ya? 

Perlu kreatif bikin menu-menu baru

Jika dibandingkan dengan jenis cara masak yang lain, profesi yang satu ini dinilai paling memutar otak setiap kali memasak. Kenapa begitu? Karena koki pastry didorong untuk terus menciptakan menu baru yang belum pernah dibuat sebelumnya. Jadi, ide segar harus selalu bermunculan!

Memperhatikan detail dengan telaten

Seorang pastry chef harus terorganisir dan bekerja dengan detail. Membuat sebuah dessert terkadang butuh bahan makanan yang spesifik. Nah, bahan makanan itu mesti dikumpulkan dan diolah menjadi satu. Jadi, setiap bahan makanan harus diukur secara akurat dan dicampurkan dalam jumlah dan urutan yang tepat. 

Mesti sabar, sabar, dan sabar

Butuh proses yang panjang dalam menyajikan hidangan pastry yang enak dan sedap dipandang. Jadi. sebagian dari pekerjaan profesi pastry chef ini adalah menunggu. Menunggu adonan mengembang, menunggu mesin pemanggang selesai memasak, sampai menunggu kue siap untuk dihias terkadang menguji kesabaran. 

Berpengetahuan luas

Lagi-lagi pastry chef tak hanya pandai dalam membuat kue, untuk menjadi pastry chef yang baik, Anda mesti memahami prinsip ilmu dari apa yang dikerjakan. Misal harus paham mana bumbu yang sedap, jenis makanan apa yang tidak bisa berlama-lama disimpan, sampai pada hal kandungan nutrisi dan kalori dalam menu yang sedang kamu masak.

Anda juga perlu memupuk sense of art. Seenggaknya, paham bagaimana caranya menyajikan hasil masakan dengan cantik dan enak dipandang. 

Pertajam soft skills yang relevan

Seperti yang sudah dibilang di awal, Anda mesti menguasai banyak keahlian untuk menjadi pastry chef yang andal. Ada banyak sekali soft skills yang bisa diasah secara terus menerus. Seperti, bagaimana menakar dan mengukur bahan masakan dengan benar, mengombinasikan dan mencampur bumbu agar serasi, sampai dengan membuat hidangan terlihat lezat dan mengundang selera makan. Selain itu, skill manajemen dan bisnis juga penting.

Masuk sekolah kuliner

Jika kamu benar-benar menyukai profesi pastry chef, Anda bisa mempertimbangkan masuk sekolah kuliner. Di Indonesia, sudah banyak sekolah kuliner yang menawarkan program kuliner yang secara akademik diakui oleh lembaga pendidikan.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait