real
        time web analytics

Dari Kami

Tips Plating Food yang Menggugah


TOPCAREER.ID – Tren food plating kini enggak hanya dikenal untuk masakan-masakan restoran kelas mewah, namun juga menyentuh semua kalangan yang merasa bahwa makanan apapun bisa dipercantik. Tapi, jangan mentang-mentang artistik lantas enggak tahu trik benar bagaimana melakukan food plating yang baik.

Berikut beberapa saran yang dihimpun TopCareer.id agar kamu bisa belajar mempercantik tampilan makananmu.

Pilih Model dan Warna Piring yang Sesuai

Pertama kamu perlu memilih kira-kira model dan warna piring seperti apa yang cocok untuk makanan yang ingin disajikan. Jika kamu akan meletakkan pasta tomat dengan dominan wara merah, maka tentunya akan lebih menggugah jika memakai piring dengan warna berbeda dari saos itu sendiri, misal biru atau putih.

Kekontrasan warna akan memberikan visualisasi yang indah saat mata memandang keseluruhan tampilan makanan.

Tentukan Sudut Penempatan Saus

Guyuran saus yang yang banyak memang seakan tampak makin menggiurkan. Tapi, jika memberikan saus terlalu banyak juga sebenarnya bakal mengurangi keindahan sajian makanan itu sendiri. Jadi, kalau makanan yang kamu buat mengandung saus yang sifatnya diguyur atau disiramkan pada makanan, sebaiknya tentukan sudut penempatan sausnya.

Tonjolkan Bagian yang Paling Menarik

Nah, kamu bias memilah bagian makanan mana yang paling menarik, kemudian bagian mana yang bisa membuat makanan itu tampak menonjol. Bisa diletakkan di tengah piring, di pinggir, menumpuk, menyebar atau diagonal.

Sebaiknya buat aksen kontras dari tekstur makanan yang keras dan lembut, lalu halus dan kasar, atau besar dan kecil. Karena tekstur makanan itu mempengaruhi tata letak yang baik.

Bermainlah dengan Warna

Usahakan kamu selalu bisa menyesuaikan warna-warni makanan dengan motif piring yang dipakai. Kalau makanan yang kamu sajikan berwarna-warni, piring putih jadi pilihan aman dalam penyajian. Jangan lupa beri sedikit sentuhan warna hijau di beberapa sudut. Letakkan di posisi 'aman' tanpa merusak warna-warni makanan.

Pastikan Piring Tetap Terkesan “Bersih”

Ada kalanya kalau kamu lihat food plating yang membuat piring tampak bertaburan oleh potongan daun parsley. Sekalipun kamu berniat membuat aksen unik namun taburan parsley yang berlebihan malah membuat kesan 'kotor' pada piring. Usahakan kreativitas kamu seiring dengan cantiknya tampilan makanan ya. Ingat pula, penempatan garnish dengan komposisi yang pas, tidak berlebihan.

0 Comments

Lowongan Terbaru