real
        time web analytics

Dari Kami

Tips Rekam Video Biar Enggak Amatiran


TOPCAREER.ID – Sudah jadi hal lumrah kalau anak zaman sekarang suka berlagak layaknya Vlogger (video blogger) lewat video-video yang mereka rekam. Membuat video berkelas pun jadi ajang berlomba-lomba agar hasilnya menarik di mata penonton.

Biar hasil vlog-mu makin keren, butuh teknik-teknik videografi selama prosesnya. Misal, dari angle, komposisi yang bagus, hingga pencahayaan. Berikut tips dasar yang bisa kamu ikuti biar hasil videomu kayak Vlogger andal.

Ambil Gambar Mendetail

Dengan mempertimbangkan gambar-gambar secara detail, itu bertujuan agar pesan dalam videomu bisa tersampaikan dengan baik kepada penonton. Misal, kamu ingin mengambil latar belakang dengan wide shot untuk memberikan petunjuk lokasi, kamu bisa fokus hal mendetail seperti pagar rumah atau bunga-bunga yang tengah mekar.

Ambil Gambar per Adegan

Sekali lagi yang perlu kamu ingat bahwa kamu ingin menyampaikan sebuah pesan kepada penonton melalui videomu. Jadi, coba ambil gambar dari sudut yang fokus dan tidak membuat jenuh penonton. Selain itu, dianjurkan untuk memiliki lebih dari satu kamera saat syuting.

Penggunaan dua kamera itu bisa berguna saat melakukan pengambilan video yang sifatnya interview, jadi tiap adegan bisa diambil dari sudut pandang yang lain. Jangan lupa untuk selalu menjaga kestabilan gambar ketika berada di ruangan terbuka dan ramai.

Pencahayaan

Baiknya kamu memiliki penerangan yang maksimal jika merekam video, apalagi untuk di dalam ruangan. Kamu bisa menggunakan kertas putih agar cahaya bisa terpantulkan secara jelas pada subjek yang hendak direkam.

Kamu juga perlu menghindari backlight karena bisa membuat subjek yang diambil jadi tidak jelas, meskipun komposisi atau angle tersebut sangat bagus menurutmu. Coba pindah ke sudut lain agar subjek bisa terambil dengan jelas. Kalau mumpuni, kamera saat ini memang bisa mengurangi efek backlight.

Biasakan Tak Gunakan Special Effect

Usahakan kalau merekam video tidak menggunakan special effects, tujuannya agar video yang dihasilkan bisa sesuai kenyataan, lebih real. Kalau sudah begitu, penonton pun bisa merasakan empati dari video tersebut. Jika memang mengharuskan memakai efek, pilih software edit film yang ringan saja.

Hindari Penggunaan Zoom

Bagi pemula, coba jangan terlalu sering menggunakan zoom. Jika terlalu sering menggunakan zoom, video yang kamu hasilkan bisa kelihatan amatir, bahkan bisa bikin pusing penonton. Kalau ingin zooming, lakukanlah dengan perlahan dan jaga agar tetap stabil. Lagipula teknik zoom bisa merusak kualitas video tersebut.

0 Comments

Lowongan Terbaru