real
        time web analytics

Dari Kami

Tujuh Kebiasaan Kecil yang Bikin Kerja Enggak Produktif


TOPCAREER.ID – Ketika kamu sudah merencanakan hal-hal terkait pekerjaan agar berjalan efektif, nyatanya semua rencana itu bisa saja buyar hanya karena kebiasaan kecil yang membuat kerja tidak produktif. 

Berikut beberapa kebiasaan yang bisa membuyarkan semua produktivitas kerjamu dalam sehari dilasir dari Search Engine Journal, apakah kamu merasakannya?

1. Cek email

Ini adalah kebiasaan sehari-hari nomor satu yang menggagalkan produktivitas. Ketika kamu memeriksa email secara elektronik, kamu mungkin akan memasuki mode reaktif, di mana akan menjawab hal-hal yang biasanya tidak begitu penting pada saat itu.

Coba matikan pemberitahuan email. Secara psikologis ini memudahkanmu untuk memeriksa email, dan tidak akan mengalihkan perhatian dari tugas yang ada. Jadwalkan periode waktunya (semakin pendek semakin baik) setiap hari untuk memeriksa dan menanggapi email, lalu jadikan kebiasaan.

2. Memeriksa media sosial

Setuju bahwa memeriksa sosial media sebelum mulai atau saat beekrja bisa menurunkan produktivitas? Apalagi kalau sosial media sedang hangat membicarakan sesuatu. Mungkin kamu terhisap untuk membaca setiap respons, yang secara alami mengarah pada pembentukan opini dan tanggapan.

Tiba-tiba 30 menit berlalu dan kamu terlambat dari rencana yang sudah dibuat. Hal yang sama terjadi jika memposting sesuatu yang penting baik pribadi atau untuk bisnis. Secara alami berkembang untuk melihat reaksi langsung dari orang lain. Ini hanyalah kebiasaan buruk - tetapi yang sulit dipatahkan.

3. Tak bisa jauh dari handphone

Keberadaan ponsel yang dekat denganmu itu menggoda psikologis. Setiap kali kamu merasa frustrasi, kamu mudah untuk mengangkat ponselmu lalu menelusuri feed media sosial atau mengirim chat.

Di balik email dan media sosial, pesan teks adalah gangguan terbesar ketiga. Ada satu cara sederhana untuk mengalahkan semua ini: matikan pemberitahuan. Dan letakkan ponselmu tersembunyi, baik di laci atau menghadap ke bawah.

4. Tidak membuat daftar tugas sehari-hari yang prioritas

Biasakan untuk memprioritaskan tugas sehari-hari dari yang paling penting hingga yang paling tidak penting. Tanpa daftar item yang harus dikerjakan dari hari ke hari, kamu mungkin akan selalu berada dalam mode reaktif.

5. Merencanakan Pertemuan tanpa agenda

Rapat tanpa agenda tidak ada gunanya. Pastikan untuk merencanakan pertemuan dengan agenda yang jelas, dan selalu memiliki satu orang yang memimpin. Itu tidak berarti pertemuan mereka; sebaliknya, mereka melacak dan memantau waktu, yang membawa kita ke titik berikutnya.

6. Tidak refreshing pada tambahan waktu 

Ini sama pentingnya dengan istirahat harian. Setiap minggu kamu perlu membuat kebiasaan untuk benar-benar menjauh dari gadget atau internet. Pada dasarnya, apa pun yang membuat jauh dari tugas pekerjaan sehari-hari. Coba istirahatkan otakmu dari ponsel selama waktu-waktu ini dan tidak memeriksa email, feed sosial media, atau chat.

7. Tidak bertanya

Mari menjadi lebih rinci dengan mengoptimalkan produktivitas. Satu hal yang pasti membuat kamu kurang produktif - terutama dalam jangka panjang, yakni tidak mengajukan pertanyaan saat kamu tidak mengerti akau subjek atau konsep.

Bertanya akan mendidikmu lebih cepat, mempercepat produktivitas dalam jangka panjang. Kebanyakan orang takut mengajukan pertanyaan karena mereka pikir mereka tampak bodoh. 

 

0 Comments

Lowongan Terbaru