real
        time web analytics

Dari Kami

VAR Pembantu Wasit Bakal Pantengin Momen-Momen Ini


ampilan interior menunjukkan ruang operasi video (VOR), fasilitas sistem Video Assistant Referee (VAR). (Sumber: Reuters)

TOPCAREER.ID – Seluruh pertandingan pada Piala Dunia 2018 selain diawasi langsung oleh wasit, tahun ini ada lagi yang ikut memantau kelancaran pertandingan, yakni Video Assitant Referees (VAR). Terdapat 33 kamera VAR atau pembantu wasit di 12 stadion Piala Dunia di Rusia. VAR bakal bantuin wasit lihat momen yang seperti apa ya?

Dilansir dari laman CBS Sports, ada beberapa momen “sakral” dalam pertandingan yang bakal dipantau oleh VAR dan bisa membantu wasit dalam mengambil keputusan.

Gol dan bagaimana terciptanya gol

Penting sekali untuk memperoleh momen bagaimana gol itu terjadi apalagi mengingat permainan sepak bola merupakan permainan skor rendah. Oleh karena itu, pelanggaran yang bisa saja menghiasi gol akan ditinjau melalui VAR ini, begitupun proses terjadinya gol itu sendiri.

Termasuk di dalamnya, apakah bola keluar lapangan, offside, atau pelanggaran yang dilakukan pemain sehingga tercipta gol.

Keputusan penalti dan terciptanya penalti

Penalti memiliki kapasitas besar dalam sebuah pertandingan, sehingga pelanggaran yang terjadi di dalam kotak penalti akan sangat ditinjau. VAR akan melihat kasus penalti tersebut, apakah terjadi di luar atau di dalam kotak.

Keputusan kartu merah langsung

Ketika kartu merah diberikan langsung di lapangan, dari situ pemain akan ditinjau. Jika memang benar, maka pemain yang melanggar akan “dipecat” dari pertandingan dan kemudian akan ditinjau. Tapi jika tidak benar, hal itu akan diberlakukan sebagai hukuman normal.

Catatan: Ini hanya berlaku untuk kartu merah secara langsung, jadi kalau pemain dikeluarkan karena dua kartu kuning, tidak akan diperiksa.

Kesalahan identitas

Meski sedikit kasusnya, namun kesalahan identitas bisa saja terjadi. Saat pemain yang salah malah diberikan kartu atau malah lebih buruk dari itu, bisa dikeluarkan dari pertandingan. Jadi melihat tinjauan lewat VAR akan sangat memungkinkan agar menilai hukuman kepada pemain yang tepat.

Offside

Beberapa sudut VAR akan memungkinkan para wasit untuk melihat apakah itu hanya persepsi yang menyebabkan pemain dijatuhi offside atau benar-benar offside. Kadang tampak hanya beberapa inci sehingga apakah itu pantas disebut offside atau bukan.

Bagaimana proses peninjauan lewat VAR?

Ketika insiden terjadi, asisten video akan me-review pemutaran dan mengirim informasi ke head official atau wasit. Kemudian wasit memiliki tiga opsi, yakni terima informasi VAR, meninjau informasinya sendiri, hingga mengambil keputusan.

Sekali lagi, VAR akan “berbicara” di telinga wasit. VAR dapat menyarakan agar permainan dihentikan jika mereka melihat sesuatu di monitor. Setelah petugas membuat sinyal kotak yang ditunjukkan di atas, VAR akan berkomunikasi dengan memberi tahu wasit.

0 Comments

Lowongan Terbaru