real
        time web analytics

Dari Kami

Waktu yang Tepat Gunakan Flash Saat Pemotretan Outdoor


TOPCAREER.ID – Flash pada kamera lumrahnya memang digunakan ketika kondisi pencahayaan di sekitar objek sangat minim, misal di indoor. Namun, ada kalanya pemotretan di outdoor membutuhkan bantuan flash pada waktu-waktu tertentu.

Lola Elise, seorang profesional wedding fotografer di Kolorado mengatakan bahwa seorang fotografer memang lebih menyukai cahaya alami daripada harus memakai flash. Namun, sebagai fotografer tentu harus paham bagaimana memanfaatkan cahaya biar hasil foto bagus. Lola lantas memberikan sarannya kapan saat yang tepat mengunakan cahaya flash di outdoor.

Saat subjek kurang pencahayaan

“Sebagian besar fotografer tidak peduli dengan lampu kilat di luar ruangan. Saya akan berbohong jika saya mengatakan bahwa saya bukan salah satu dari mereka. Saya suka cahaya alami dan tidak ada yang lebih mudah daripada melihat latar belakang yang bagus dengan warna yang bagus.”

Namun seiring berjalannya hari, kamera akan mulai berjuang untuk mengikuti cahaya yang tersedia. Lola menyampaikan, sinar matahari bisa saja malah menimbulkan masalah ketika memotret subjek, tidak adanya matahari dan cahaya ambient (cahaya yang tersedia di sekitar ojek foto) yang baik, akan sama-sama mengecewakan.

“Sama seperti memotret di dalam ruangan, kamu mungkin perlu mengekspos subjek dengan sumber cahaya buatan,” kata Lola dilansir dari Photography Life.

Saat memotret backlight

Memotret subjek dengan backlight dapat menciptakan separasi yang bagus. Tetapi perlu diketahui bahwa jika subjek mendapat banyak cahaya (katakanlah dengan matahari di belakang), sisi yang berlawanan dari subjek, yakni di mana fotografer berdiri mungkin menjadi kurang terang.

Meskipun dapat membawa reflektor (dan berpotensi asisten untuk memegangnya) untuk membantu mendapatkan pencahayaan yang lebih seimbang dari depan, flash bisa menghadirkan keajaiban. Satu sumber cahaya yang disebar lewat flash dan ditempatkan jauh dari kamera akan sesuai.

“Saya biasanya menggunakan satu payung berukuran sedang atau softbox pada dudukan untuk melakukan trik,” ujar Lola.

Hari Cerah - memanfaatkan matahari untuk menghindari bintik-bintik panas dan bayangan yang intens

Berikutnya adalah masalah memotret pada hari-hari cerah, biasanya di sore hari, ketika matahari berada tepat di atas kepala. Memang ada beberapa hal indah dapat dilakukan dengan cahaya yang terik, namun ada kalanya memotret dalam kondisi ini tidak menghasilkan gambar yang baik.

“Sama seperti memotret backlight, saya akan merekomendasikan mengambil payung sederhana atau softbox dan biarkan permainan berjalan. Memasang flash dengan benar akan membantu menghindari bayangan buruk pada wajah orang-orang (pernah melihat “mata rakun”?). Membuat subjek foto terekspos dengan indah.”

Menghindari ceplakan warna lingkungan pada warna kulit subjek (skin tone)

“Ketika pengambilan gambar dikelilingi oleh tanaman hijau subur, apakah ada cara yang baik untuk menghindari refleksi hijau pada warna kulit SOOC (straight out of the camera)?”

Saat bekerja dengan reflektor alami, fotografer selalu mengalami masalah di mana subjek akan mengasumsikan warna permukaan reflektif. Fotografer dapat mengurangi efek ini dengan menggunakan reflektor tepat di sebelah subjek.

“Kamu juga dapat menggunakan flash (payung, softbox atau modifier lain) untuk menerangi subjek, yang kurang lebih akan mengurangi refleksi warna. Saya rasa menggunakan flash lebih mudah daripada reflektor dalam situasi seperti itu, terutama ketika saya ingin menerangi subjek dari sudut yang berbeda,” jelasnya.

Bersenang-senang dengan menambahkan warna berbeda

Lola menambahkan, meski kegiatannya sebagai fotografer wedding kerap menyita banyak waktu hingga kadang tidak tertarik untuk mencoba sesuatu yang baru. Namun, Lola menyarankan untuk terus berpikir kreatif di setiap acara pemotretan, dengan mencoba banyak hal termasuk bermain lighting.

“Saya sarankan memulai dengan sesuatu yang sangat sederhana dan secara bertahap maju saat kamu mulai memahami sedikit lebih banyak soal peralatanmu.

“Ketika Nasim dan saya memotret pernikahan, kami berjanji untuk melakukan sesuatu yang sedikit berbeda dengan setiap pernikahan. Ini bukan sesuatu yang drastis, tetapi sesuatu yang sedikit berbeda dari setiap pernikahan lainnya.”

 

0 Comments

Lowongan Terbaru