real
        time web analytics

Dari Kami

Wow! Satu Dubber Bisa Isi Empat Peran di Serial TV


TOPCAREER.ID – Dalam satu serial televisi luar negeri, seperti telenova yang masuk ke Indonesia, biasanya akan ada beberapa pengisi suara (dubber) demi menunjang penyiaran film tersebut. Nah, satu orang pengisi suara kadang tak hanya memerankan satu karakter pemain. Wow!

Setidaknya butuh 8 dubber untuk mengisi satu serial film luar negeri dengan peran yang sudah dibagi. Bayangkan, dalam satu serial film biasanya memiliki banyak pemeran, namun tak setiap peran yang ada itu diisi oleh satu dubber. 

Biasanya satu dubber yang bukan peran utama bisa mengisi tiga hingga empat karakter pemain di setiap serial tv atau film. Hmmmm…..

“Apalagi kalau perannya itu kalimatnya dikit-dikit. Misal perawat yang cuma lewat. Dulu aku sering 1 film 2 karakter, 3 karakter, paling mentok 3,” kata Tisa Julianti, seorang voice over talent, dubber yang sudah puluhan tahun bekerja di bidang ini.

Double atau triple karakter itu bisa dilakukan untuk peran pendukung, bukan peran utama. Biasanya, kata Tisa, untuk peran utama hanya diisi oleh satu dubber saja karena harus memiliki ciri khas. 

Pemegang peran utama juga harus melalui tahapan casting terlebih dahulu untuk mendapatkan pilihan yang terbaik.  

“Kalau dulu kan pilih-pilih doang yang sudah ditentuin nih sesuai karakter suara siapa. Kalau sekarang peran utamanya di-casting lagi, mungkin kebijakan juga dari stasiun (tv) mau lihat yang lebih bagus,” kata Tisa yang memulai dubbing sejak kelas 3 SD.

Tisa melanjutkan, ada peran-peran tertentu yang memang perlu di-casting, peran utama salah satunya. Ada juga peran yang memang sudah ditentukan siapa pengisi suara yang tepat. Tisa mengaku pernah melewati tahap casting untuk satu peran utama. 

Saat casting, Tisa bisa bersaing dengan satu atau dua orang lainnya. Ketiga orang terpilih yang dicasting itu biasanya diminta untuk membaca naskah. Dari situ nanti ketahuan siapa yang paling dibutuhkan dan sesuai karakter suaranya.

“Kami baca satu episode (saat casting). Tinggal baca, nanti dipilih.”  

0 Comments

Skills