real
        time web analytics

Dari Kami

Yang Kamu Harus Tahu Terkait Ira Koesno si Moderator Debat Capres Cawapres


Dokumentasi Instagram Irakoesnocom

TOPCAREER.IDWarganet sempat ramai membicarakan nama Ira Koesno saat debat Cagub dan Cawagub DKI Jakarta beberapa waktu lalu. Kini mantan jurnalis tersebut dipercaya kembali menjadi moderator untuk debat Capres Cawapres.

Pengumuman perempuan dengan nama lengkap Dwi Noviratri Koesno itu, dipilih sebagai moderator disampaikan oleh Ketua KPU, Arief Budiman pada 31 Desember 2018. Penasaran seperti apa Ira Koesno?

Sempat jadi akuntan

Sebelum berkarier sebagai jurnalis, Ira yang lulusan Universitas Indonesia fakultas ekonomi itu pernah memulai catatan hidupnya dengan bekerja sebagai akuntan di kantor Auditor KPMG Hanadi Sujandro pada 1995 lalu. Saat itu, Ira baru menginjak 25 tahun.

Namun, ia hanya bekerja di sana selama satu tahun. Di usianya yang ke-26, Ira memutuskan untuk melamar ke stasiun televisi SCTV sebagai jurnalis. Ia mengaku menyukai tantangan di dunia jurnalistik selain di dunia finansial.

Saat berkarier sebagai jurnalis di SCTV, Ira sudah meliput berbagai peristiwa. Karena dianggap berprestasi, Ira akhirnya didapuk menjadi presenter di Liputan 6.

Peraih penghargaan bergengsi

Nama Ira melejit karena menjadi presenter berita di Liputan 6. Ia dikenal sebagai jurnalis yang lugas, tegas dan cerdas ketika menyampaikan pertanyaan ke narasumber

Atas kerja kerasnya, Ira pun pernah meraih beberapa penghargaan bergengsi, salah satunya Panasonic Gobel Awards sebanyak tiga kali untuk dua kategori pembawa berita wanita terfavorit (pada 1998 dan 2002) dan presenter informasi dan berita (2003).

Sempat buka perusahaan konsultan humas

Usai berkarier sebagai jurnalis, Ira mendirikan bisnis baru bernama Ira Koesno Production (IKPro). Bisnis itu bergerak di bidang jasa strategi komunikasi terpadu. Usai dua tahun berdiri, nama perusahaannya kemudian diganti menjadi Ira Koesno Communication (IKComm).

Nama kembali mencuat karena moderator debat

Saat didapuk menjadi moderator di debat Pilkada DKI Jakarta 2017, nama Ira kembali mencuat dan jadi bahan pembicaraan warganet. Kebanyakan dari mereka membicarakan wajah Ira tidak banyak mengalami perubahan. Bahkan, banyak warganet yang ribut soal lokasi klinik kecantikan yang menjadi langganan Ira untuk merawat wajahnya.

Ingin debat Pilpres terasa nendang

Ketika ditemui sejumlah awak media, Ira mengaku siap memandu jalannya debat Capres 2019 bersama dengan jurnalis TVRI Imam Priyono. Ia berjanji akan menyampaikan pertanyaan ke paslon dengan bahasa yang lebih mudah dipahami oleh publik.

"Bagaimana caranya walaupun pertanyaan sudah diberikan, tetapi ini tetap dipahami oleh publik dan memang bunyi. Tetap nendang gitu," ujar Ira.

Untuk menghadapi debat Capres yang berlangsung pada 17 Januari, Ira dan Imam sudah menyiapkan cara untuk melakukan penajaman pertanyaan dengan pemilahan frasa dan diksi yang dinilai sudah tepat.

Ia sempat mengomentari soal sikap KPU yang telah membocorkan kisi-kisi pertanyaan ke masing-masing paslon. Dalam pandangannya, hal tersebut tidak akan mengurangi keseruan debat yang digelar pada 17 Januari 2019.

0 Comments

Skills