real
        time web analytics

Dari Kami

Yoga Buka Suara Soal Salah Satu Drum Termahal di Indonesia dan Satu-Satunya di Dunia


Spesial Dokumentasi Yoga

TOPCAREER.ID – Selain jenjang karier serta gengsi luar biasa, sejumlah keuntungan bisa didapat saat menjadi salah artist internasional Pearl Drums dan Zildjian Cymbals. Salah satunya adalah support  penuh terkait kebutuhan alat.

Akan tetapi, menjadi artist internasional tersebut bukan hal mudah. Hal itupun dicerita oleh Yoga Tri Herlambang, salah satu artist internasional Pearl Drums dan Zildjian  Cymbals.   

“Keuntungan diberikan keleluasaan memiliki alat support. Kita punya jembatan karier untuk mengeksiskan diri kita dengan kegiatan-kegiatan si produk ini dengan adanya pameran ataupun acara lainnya. Dan pastinya akan di support penuh akan kebutuhan alat,” ujar Yoga kepada TopCareer.id.

Lebih lanjut Yoga juga tak menampik bahwa secara pribadi ada value tersendiri baginya.

“Ada perbedaan seorang musisi dengan atau tanpa embel-embel endorse pastinya dengan embel-embel endorse dia punya nilai lebih ketimbang musisi yang tidak pakai embel-embel endorse.

Terkait support alat, ternyata Yoga diketahui saat ini memiliki salah satu drum termahal di Indonesia.

“Karena kurs dollar yang 2018 berbeda dengan 2010 sebelumnya, otomatis drum yang harganya dulu Rp50 juta di 2018 kursnya bisa menjadi 2 kali lipat. Jenisnya adalah Pearl Drums Reference Series. Dan itu dengan spesifikasi custom. Artinya kebutuhan ukurannya saya sesuaikan sendiri,” kata Yoga bersemangat.

Adapun rincian terkait konfigurasinya sangat unik dan boleh dibilang satu-satunya di dunia. Dengan pola konfigurasi yang terdiri dari 4 unit bass drum ukuran 18 dan 20 inch, 6 buah tom tom, 3 unit floor tom, 2 unit snare 14 dan ukuran 10 inch. 

Belum lagi spesifikasi cymbal yang rumit sebanyak 14 buah keseluruhan. Semua terasa kokoh karena menggunakan rak istimewa merek Gibraltar. Keistimewaan drum ini bertambah dengan adanya suplemen elektronik dari Roland Vdrums. 

“Yang masing-masing mungkin cymbal itu harganya sekitar Rp3-4 jutaan. Dan kalau dibilang drumset-nya pun per piece  semua angkanya diatas Rp10 jutaan. Jadi hampir total drum ini berharga Rp250 juta,” klaim Yoga.

“Kenapa berbeda set up nya karena mungkin  satu-satunya di dunia dan bisa dipastikan bahwa drummer yang bermain dengan komposisi set up seperti ini hanya Yoga. Dimana perbedaannya ada hi hat di tengah sebagai utamanya.”

“Dimana biasanya orang itu bermain hi hat drum kalau kanan dibermain di kiri hihatnya. Kalau dia kidal hihatnya ada dikanan. Tapi saya bermain ditengah karena menjadi perbedaan dan juga kebiasaan. Itu juga disesuaikan dengan set up dan konfigurasi yang dibangun khusus untuk menjadikan diri kita berbeda.”  

Lantas bagaimana Yoga bisa menjadi salah satu drummer yang di endorse produk drum internasional? Pantau beritanya disini, Drummer Internasional Pearl Drums dan Zildjian Cymbals Buka Suara.

 

0 Comments

Skills