real
        time web analytics

Dari Kami

Yoga Tri Herlambang : Perkembangan Drummer di Indonesia Akan Seru Tapi…


TOPCAREER.ID – Yoga Tri Herlambang, salah satu drummer ternama di Indonesia menilai perkembangan drummer di Tanah Air akan semakin seru seiring dengan kian mudahnya orang belajar melalui media sosial. Akan tetapi, salah satu pemilik drum termahal di Indonesia ini menyayangkan perkembangan tersebut. Loh kok?

“Perkembangan drummer Indonesia pastinya akan semakin bagus-bagus karena informasi apapun sudah tersedia di youtube dan media sosial lainnya. Soal lesson-lesson barupun drummer sekarang bisa makin meng-improve. Tapi mereka tidak tahu akar cara bermain seperti itu. Mereka hanya tahu cara bermain seperti itu,” ujar Yoga kepada TopCareer.id.

Lebih lanjut artist  Pearl dan Zildjian ini pun menilai drummer-drummer millenial banyak bermunculan dan jago-jago. Namun tidak semua mempunyai warna dan inovasi. Lebih singkatnya banyak copycat  ketimbang original colour, 

“Tidak semua dari drummer baru menjadi jati diri sendiri. Karena belajar tidak melalui dasarnya dulu. Mereka belajar melihat apa yang dimainkan orang lain dan mereka memainkan ulang. Tapi yang belajar dari dasar pasti tahu how to create from the basic. Jadi original itu bedanya. Jadi akan jadi seru banyak orang-orang jago tapi beberapa diantara mereka tidak melakukan inovasi.”  

Terkait mulai banyaknya aplikasi drum, Yoga pun menilai bahwa itu tidak bisa menggantikan posisi seorang drummer. Menurutnya, beat yang tercipta aplikasi hanya beat tambahan saja atau suplemen saja. Karena warna permainan seseorang itu tidak bisa digantikan oleh mesin.

“Ada sisi humanismenya ada sifat manusianya ada kenceng lembutnya. Kalau dimesin tidak punya tekanannya bagaimana mood-nya beda. Sudah pasti sangat beda. Sebagai musisi otentik asli akan lebih menikmati drum ketimbang elektronik.”  

0 Comments

Lowongan Terbaru