real
        time web analytics

Dari Kami

Zlatko Dalic Penyelamat Kroasia, Mau ke Mana Setelah Piala Dunia?


Pelatih Tim Nasional Kroasia, Zlatko Dalic. (sumber: ESPN)

TOPCAREER.ID – Semula, Zlatko Dalic tak pernah masuk dalam daftar nama pelatih kondang di kancah sepak bola dunia. Namun, setelah mampu berlaga bersama timnya di Piala Dunia, kini ia ternama sebagai penyelamat Kroasia. Membawa Kroasia ke final, membuat Zlatko Dalic tertantang di kolam yang lebih besar.

Dalam artikel yang dilansir dari laman Daily Mail UK, Dalic tampak malu-malu ketika ditanya apakah ia akan maju ke Liga Premier. Namun, untuk saat ini ia belum memikirkan hal itu karena fokusnya adalah menjadikan Kroasia sebagai tim terbaik di dunia.

“Sepanjang karier dan hidup saya, saya selalu mengambil jalan tersulit dan harus bertarung. Saya tidak ingin tinggal di Kroasia menjadi pelatih yang biasa-biasa saja (medioker) dan hidup dari handout. Jadi saya pergi ke luar negeri,” ujar Dalic seperti dikutip dari Dailymail.co.uk.

Sementara, terkait kontrak kepelatihannya dengan tim nasional Kroasia, ia mengaku tak terikat kontrak . Ia bahkan rela bekerja tanpa durasi kontrak asal tujuannya tercapai, yakni meloloskan Kroasia ke Piala Dunia Rusia 2018. Bahkan, ia bertaruh jika Kroasia gagal ke Piala Dunia, maka Dalic bersedia angkat kaki.

"Saya tidak membutuhkan kontrak tiga tahun. Saya tidak perlu dilindungi oleh siapapun. saya hanya bertahan jika kami lolos ke Rusia," demikian pidato pertamanya saat ditunjuk.

Pada Oktober 2017, menjelang akhir kualifikasi Piala Dunia, Dalic diterjunkan menjadi pelatih tim nasional Kroasia, menyusul pemecatan Ante Cacic. Di babak play off, Dalic dan anak-anak asuhnya mampu menyingkirkan Yunani hingga membawa Kroasia ke Rusia 2018. 

Dalic bertutur bahwa ia mengawali kariernya sebagai pelatih di kolam yang kecil. Dalic menghabiskan sebagian besar kariernya di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab sejak 2010. Tim-tim yang pernah berada dalam asuhannya, seperti Al-Faisaly, Al-Hilal B, Al-Hilal, Al-Ain. 

Sebelum merantau ke Timur Tengah, Dalic berada di bawah asuhan Miroslav Blazevic, pelatih Kroasia yang berahasil membawa tim itu juara ketiga di Piala Dunia 1998. 

“Kami tidak dihormati di Eropa, meskipun pelatih Kroasia seperti Slaven Bilic dan Niko Kovac (manajer Bayern Munich) memiliki hasil yang luar biasa. Saya mulai di bagian bawah tangga dan dalam setahun saya menjadi pelatih terbaik di Asia.” 

Dalic melanjutkan, bahwa dirinya pernah mengelola klub terbaik di Asia, hingga mencapai final Liga Champions di Asia. Hal itulah yang memberinya pengalaman yang sangat berharga.

Memang seolah di luar dugaan bahwa di bawah asuhan Dalic, Kroasia mampu mencapai final Piala Dunia 2018. Ia mengaku bahwa pengalamannya selama di Timur Tengah ikut membantunya membawa Kroasia di posisi saat ini.

“Saya berada di sana selama tujuh tahun dan itu adalah jalan yang sulit, tetapi saya percaya pada diri saya sendiri.”

 

0 Comments

Lowongan Terbaru