real
        time web analytics

dari-kamu

Jangan Sotoy, Sains Ungkap Charger Baterai Ponsel Paling Bener


TOPCAREER.ID – Sebuah situs Battery University milik perusahaan baterai Cadex, merinci bagaimana cara baterai lithium-ion bekerja. Dalam situs tersebut dijelaskan bahwa baterai smartphone bisa stress. Mirip dengan manusia, tekanan yang berlebihan pada baterai Ponsel bisa merusak usianya dalam jangka panjang. Dirangkum dari Science Alert, ada empat hal yang bisa dilakukan agar usia baterai Ponsel bertahan lama.

Segera Cabut dari Charger Saat Penuh

Mungkin kamu terbiasa mengisi daya Ponsel semalam penuh. Menurut Battery University, membiarkan ponsel dicolokkan ketika baterai terisi penuh bisa berdampak buruk bagi baterai. Hal ini membuat baterai terus berada dalam tegangan tinggi.  Padahal, tegangan tinggi ini bisa mengurangi proses kimia di dalamnya.

"Saat baterai terisi penuh, cabut perangkat pengisi dayanya. Melepas perangkat pengisi daya seperti melemaskan otot-otot setelah olahraga berat," seperti dilansir dari artikel terkait.

Jangan Mengisi Sampai 100 Persen

"Li-ion tidak perlu diisi penuh, juga tidak harus mengisinya penuh," kata artikel di Battery University. "Bahkan, lebih baik untuk tidak mengisi penuh, karena tegangan tinggi justru membuat stres baterai (untuk jangka panjang)," imbuh tulisan tersebut.

Cas Kapanpun Sempat

Menurut Battery University, mengisi daya ketika baterai kehilangan 10 persen adalah cara terbaik. Memang cara ini tidak praktis, untuk itu, situs ini menyarankan pengisian baterai kapanpun saat kamu sempat. Cara ini membuat baterai Ponselmu bekerja lebih lama dan optimal.

Jaga Tetap Dingin Baterai

Ponsel pintar sangat sensitif terhadap panas. Ini membuat beberapa perusahaan smartphone menyarankan beberapa solusi untuk kasus tertentu. "Jika Anda menyadari bahwa perangkat Anda menjadi panas ketika mengisi daya, keluarkan dari kotaknya terlebih dahulu," dikutip dari Science Alert.

Sedangkan jika kamu di tengah terik matahari, ada baiknya menjaga ponsel tetap tertutup. Hal ini akan melindungi kesehatan baterai Ponselmu.

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Lowongan Terbaru