real
        time web analytics

dari-kamu

Persiapkan Hal Ini Kalau Mau Liburan ke Luar Negeri


TOPCAREER.ID – Buat kamu yang pengin liburan ke luar negeri, apalagi untuk pertama kali, pasti perlu tahu persiapan apa yang dilakukan sebelum jalan-jalan. Jangan sampai liburanmu ke luar negeri malah di luar ekspektasi gara-gara kamu kurang persiapan matang.

Nah, kira-kira apa aja yang perlu kamu perhatikan sebelum liburan ke luar negeri. Enggak mau dong, udah jauh-jauh liburan tapi malah enggak sesuai harapan, catet dulu nih persiapannya.

1. Cek Musim dan Suhu di Negara Tujuan

Bila kamu hendak travelling ke negara yang memiliki empat musim, jangan lupa untuk mencari tahu terlebih dahulu sedang musim apa di sana dan berapa suhunya. Jangan sampai salah kostum! Pas winter ternyata tidak bawa jaket tebal, eh pas summer malah bawa coat.

2. Perbedaan Bahasa

Meskipun Bahasa Inggris sudah mendunia, tapi belum tentu negara yang akan dikunjungi itu penduduknya sudah fasih berbahasa Inggris. Sekali pun itu ke negara yang sudah maju seperti Jepang dan Korea. Yang paling penting untuk dihafalkan itu.

Misal, “Saya ingin ke tempat A, apakah Anda tahu di mana itu?”. Supaya kalau nyasar di jalan, masih bisa meminta pertolongan ke warga setempat. Meskipun mereka akan menjawab dengan bahasa lokal, biasanya mereka akan dengan senang hati menolong, bahkan mengantarkan sampai tujuan. Sementara buat para wanita mungkin kalimat yang paling penting untuk dihapalkan adalah “Berapa harganya ini?”

3. Catat Nomor Penting

Apapun bisa terjadi saat travelling di luar negeri. Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama travelling, seperti kecopetan atau terlibat perselisihan hingga mengharuskan kamu berakhir di kantor polisi, segera hubungi kedutaan besar Republik Indonesia di negara yang dikunjungi.

4. Beli Asuransi Perjalanan Sebelum Berangkat

Mungkin bagi sebagian orang, poin ini tidak begitu penting. Tapi apa jadinya apabila tiba-tiba kita jatuh sakit selama di perjalanan? Biaya berobat di luar negeri bisa jauh lebih mahal ketimbang di Indonesia. Tambahan saja nih, kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS tidak akan berlaku di luar negeri, lho.

5. Komunikasi Telepon Selama di Luar Negeri

Sebelum tiba di negara tujuan, ada baiknya cek terlebih dahulu mengenai ini. Karena di beberapa negara yang telepon selulernya menggunakan injected SIM card, tidak memperjualbelikan SIM card secara bebas. Biasanya harus mengisi data diri secara lengkap dan prosesnya cukup rumit.

Jika sudah begitu, sebaiknya menggunakan paket roaming atau menyewa WiFi portable saja yang bisa di-share dengan teman perjalanan.

 

0 Comments

Lowongan Terbaru