real
		time web analytics
Pakai Strategi Digital Marketing Lebih Hemat 62 Persen

TOPCAREER.ID – Digital Resources coba membandingkan biaya yang dihabiskan antara strategi digital marketing dan pemasaran tradisional. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi digital marketing menghasilkan tiga kali lebih banyak pelanggan dengan biaya rata-rata lebih sedikit 62 persen dibanding pemasaran tradisional.

Digital Resources merupakan perusahaan digital marketing agensi di wilayah Amerika Serikat. Digital Resources mencoba membandingkan keduanya dengan menjangkau 2.000 pelanggan dalam tiap strategi marketing itu.  

Digital Marketing

Coba berhitung biaya yang dihabiskan jika perusahaan menggunakan strategi digital marketing. Rata-rata dalam strategi ini sebagian besar akan berinvestasi pada optimasi mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO) serta media sosial atau iklan internet.

Digital Resources menjabarkan, biaya yang dibutuhkan untuk menjangkau 2.000 audiens lewat digital marketing di antaranya, biaya untuk SEO sebesar USD5, sementara untuk iklan pada jaringan-jaringan sosial media menghabiskan dana USD75.

Dari perbandingan itu terlihat bahwa biaya pemasaran digital setengah dari biaya pemasaran tradisional. Bahkan, tak jarang di antaranya strategi lewat digital marketing tak membutuhkan biaya sedikit pun alias gratis.

Tradisional Marketing

Pada pemasaran tradisional, ada biaya-biaya yang tergolong besar untuk diinvestasikan dalam beriklan, seperti untuk iklan televisi, surat kabar, juga email. Pemasaran tradisional juga masih mencakup pencetakan flyer, brosur hingga media cetak lainnya. 

Demi menjangkau audiens lewat audio siaran membutuhkan dana USD150 untuk 2.000 orang. Kemudian biaya rata-rata iklan surat kabar demi menjangkau 2.000 orang, yakni USD250. Sementara, iklan majalah rata-rata merogoh kocek USD500, dan biaya direct mail rata-rata USD900 untuk 2.000 orang.

Dari jalur-jalur pemasaran yang ditawarkan itu, cuma strategi direct mail yang bisa menargetkan orang secara langsung. Sementara strategi lainnya, menyasar target secara luas, bukan dalam jumlah tertentu yang relevansinya kuat.

Tujuan dari metode pemasaran tradisonal memang untuk meraih target sebanyak-banyaknya dan berharap salah satu dari mereka melihat iklan tersebut. Dan ketika para calon pelanggan ini membutuhkan, mereka ingat produk yang telah diiklankan tersebut. 

Namun, dari semua strategi dan teknik itu yang terpenting adalah bagaimana perusahaan bisa memperoleh laba atau investasi. Pemasaran yang benar adalah bagaimana mengetahui target pasar secara baik, apa yang diinginkan dan dibutuhkan, serta bagaimana memikat para pelanggan.