real
		time web analytics
Social Media Jadi Saluran Paling Efektif Buat Marketing

TOPCAREER.ID – Laporan dari We Are Social menyebutkan bahwa pengguna aktif social media terus tumbuh sebesar 19 persen. Pertumbuhan tersebut ternyata berpengaruh pada naiknya tren strategi digital marketing. Social media dinilai jadi tempat paling efektif dalam melakukan pemasaran digital.

The Indonesia Digital and Content Marketing Report 2017 by GetCraft menyebut, platform social media merajai kategori pamasaran digital yang dianggap efektif dalam melakukan digital marketing, baik untuk perusahaan berbasis business to business (B2B) maupun business to customer (B2C).

“Survei kami mengungkapkan bahwa sebagian besar brand mengakui bahwa social media baik yang berbayar maupun organic adalah saluran digital yang paling efektif untuk melakukan pemasaran,” seperti dikutip dalam laporan GetCraft.

Bayangkan saja, dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 265,4 juta jiwa, ada sekitar 130 juta pengguna aktif social media dengan penetrasi 49 persen, diambil dari laporan Essential Insights Into Internet, Social Media, Mobile, and E-Commerce Use Around The World.

Social media dianggap menjadi saluran efektif dalam pemasaran digital bisa disebabkan oleh beberapa alasan, seperti tingginya jumlah pengguna aktif social media itu sendiri di pasar (sepertiga dari keseluruhan populasi), pemicu adanya fitur-fitur audience engagement, efisiensi biaya, dan lainnya.

“Karena jumlah pengguna media sosial di seluruh dunia terus bertambah, perusahaan semakin merasa bahwa jejaring sosial memengaruhi pendapatan dan penjualan mereka,” kata Kristen Herhold, pengembang konten dan pemasar untuk peringkat B2B, Clutch dalam laman Photonics Media.

Semua alasan itu mendorong sebuah brand untuk memanfaatkan saluran social media dibanding saluran lain. Namun, pemanfaatan social media ini akan lebih efektif jika berjalan sinergis dengan kapabilitas pemasaran lainnya, seperti pemanfaatan social media ads, begitu pula konten social media yang harus matang.

Sementara, menurut CEO Havas Jakarta, Matt Wigers social media  memang akan memiliki efek yang tinggi dan mencapai hampir semua pengguna internet bagi perusahaan B2C yang memang jadi kebutuhannya. Perusahaan B2C akan memanfaatkan pemasaran konten yang dikombinasikan.

“Dalam kasus B2B, target biasanya lebih jelas dan lebih kecil jumlahnya, itu mungkin untuk fokus pada pemasaran konten yang murni,” kata Matt Wigers dalam laporan tersebut.