real
		time web analytics
Peralatan Perang Disc Jockey

TOPCAREER.ID – Perbekalan tiap disk jockey (DJ) kalau mau perform itu berbeda-beda. Ada DJ yang memang nyaman membawa Compact Disc Jockey (CDJ) mereka sendiri, tapi ada juga yang cuma nyiapin flashdisk untuk simpan lagu. Apa aja ya, perlengkapan yang setidaknya dibawa DJ kalau mau perform?

Menurut Sherly Silvi, salah seorang DJ, menyampaikan bahwa setidaknya keahlian yang dimiliki oleh DJ itu adalah mixing lagu. Ya, otomatis perbekalan lagu yang banyak jadi senjata para DJ kalau mau perform.

Flashdisk

Sherly bertutur, flashdisk jadi barang utama yang wajib dibawa ketika hendak perform. Karena semua lagu yang akan dibawakan saat manggung, biasa dimasukkan dalam satu flashdisk tersebut. Jadi, nanti ketika perform tinggal “colok” ke alat CDJ saja, dan di-mixing.

Bahkan, kebanyakan DJ membawa 4 sampai 5 flashdisk ketika akan perform. Satu flashdisk yang dibawa rata-rata berkapasitas sampai 64 Gigabyte. Tuh, kebayang dong, berapa banyak lagu yang masuk ke satu flashdisk itu?

Nah biar lebih memudahkan lagi, dalam flashdisk itu, Sherly sudah memisahkan lagu-lagu tersebut ke dalam folder yang berbeda-beda. Sherly mencontohkan, satu flashdisk itu ada lagu opening-nya ketika memulai perform, kemudian ada folder lagu top 40, ada pula lagu-lagu yang lebih keras.

“Intinya aku pisahin ke dalam folder-folder. Jadi kalau aku mau setel apa tinggal cari di foldernya, trus di-play saat mau mixing,” kata Sherly kepada TopCareer.id.

Headphone

Alat satu ini juga jadi perbekalan yang wajib buat Sherly saat perform. Memang, ada DJ yang merasa kalau headphone ini enggak terlalu dibutuhkan. Namun, bagi Sherly sendiri, headphone sangat berguna saat dirinya melakukan mixing.

“Tujuan pakai headphone itu buat dengerin pas lagi mixing lagu. Kira-kira udah pas belum ketukannya antara lagu satu sama lagu dua. Jadi, sebelum kami keluarin lagunya, setelah di-mixing itu, kami dengerin dulu di headphone-nya,” papar Sherly.

Sherly merasa lebih mudah mixing jika menggunakan headphone. Berbeda memang kalau si DJ sudah punya keahlian yang lebih jauh. Sehingga tetap bisa menjaga keseimbangan beat tanpa dengar lewat headphone dulu.

Laptop atau Hard Disk

Bukan untuk dipakai ketika perform, Sherly mengaku ia lebih suka membawa laptop untuk berjaga-jaga jika flashdisk yang ia bawa ternyata tidak bisa terbaca oleh alatnya. Ingat, lagi-lagi cadangan lagu itu ibarat ujung tombak bagi DJ dalam mixing.

“Lebih kayak cadangan kalau misalkan nih amit-amit sampai di venue, flashdisk-nya enggak ke-detect, kan bawa laptop jadi tinggal set lagi. Sama hard disk penting banget. Aku merasa lebih aman di hard disk, jadi nyimpannya enggak cuma satu tempat. Karena lagu nyawanya DJ banget,” kata Sherly.

Sebenarnya ada juga DJ yang memakai laptop ketika perform, jadi laptop itu bukan sebagai cadangan kalau flashdisk enggak bisa. Apalagi, laptop itu bukan barang yang disediakan oleh pihak klub. Jadi, kalau misalkan DJ perlu laptop, harus membawa sendiri.

Selain ketiga alat itu, biasanya ada DJ yang membawa CDJ atau turn table sendiri, meski sudah disediakan oleh pihak klub. Menurut Sherly, ada DJ yang memang lebih nyaman menggunakan peralatannya sendiri. Apalagi mengingat ada peralatan DJ yang keadaannya tidak menunjang selama perform.