real
		time web analytics
Perusahaan Start Up Gencar Cari Digital Marketing

TOPCAREER.ID – Lantaran tren era digital, banyak perusahaan yang ikut mengarahkan strategi pemasarannya menuju digital marketing hingga timbul peluang kerja tersendiri di bidang ini. Dan yang paling agresif melakukan permintaan terhadap ahli-ahli digital marketing adalah perusahaan start up.

Hal itu seperti yang disampaikan oleh Associate Director Michael Page, Imeiniar Chandra. Ia mengatakan bahwa perusahaan start up tech, seperti e-commerce masuk dalam perusahaan yang aktif mencari talent-talent ahli di bidang digital marketing.

“Sekarang sih semuanya start up mencari digitial marketing Industri FMCG (fast moving consumer good) sudah mulai, tapi enggak agresif sekali. Hampir semua perusahaan itu akan cari digital marketing, tapi kebanyakan mereka enggak seagresif tech start up,” kata Imeiniar Chandra kepada TopCareer.id.

Gencarnya perusahaan start up tech mencari skill-skill digital marketing, ada kaitannya dengan target pasar yang telah mereka tentukan. Target pasar perusahaan start up yang memiliki konsep bisnis marketplace seperti e-commerce ini, merupakan orang-orang yang fasih dengan dunia digital itu sendiri.

Konsep bisnis marketplace yang diusung e-commerce, yakni konsep seperti pasar tradisional pada umumnya, namun pasar itu ada di internet. Jadi, konsumennya pun merupakan orang-orang yang paham penggunaan internet seperti apa, dan biasa melakukan jual beli di internet.

“Kalau misalkan target market-nya yang umur 40-an, menurut saya tidak begitu efektif ya (menggunakan digital marketing) karena produknya, target market-nya bukan orang-orang yang fasih dalam digital,” kata Imeiniar.

Menurut Imeiniar, target pasar untuk umur 30 tahun ke bawah di era ini banyak bersinggungan dengan ineternet sehingga bisnis start up tech merasa bahwa pemasaran yang efektif untuk pasar ini adalah lewat strategi digital marketing.

Berdasarkan laporan dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), lebih dari 50 persen penduduk Indonesia atau sekitar 143 juta orang telah terhubung jaringan internet sepanjang 2017. Dan sebanyak 49,52 persen pengguna internet di Indonesia adalah mereka yang berusia 19 hingga 34 tahun.