real
		time web analytics
Alur Penjualan Asuransi Sesuai Kode Etik

TOPCAREER.ID – Ketika mulai menjual produk asuransi, seorang agen dituntut untuk mengutamakan kepentingan klien di atas kepentingannya. Sehingga, ada proses penjualan yang sesuai dengan ketentuan agar tidak terjadi hal-hal yang menyimpang.

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) bahkan menyusun kode etik bagi para agen asuransi agar proses penjualan dilakukan dengan benar. Kode etik tersebut tertuang dalam SK No. 12/AAJI/2004 Tanggal 24 Agustus 2004 Tentang Kode Etik Agen Asuransi Jiwa Indonesia dan Ikrar Bersama Perusahaan Asuransi Jiwa Anggota AAJI.

Menjual Berdasarkan Kebutuhan Klien

Dalam kode etik yang dikeluarkan oleh AAJI itu menyebut selama proses penjualan ada yang namanya wawancara dengan calon klien, dan prinsip yang harus dimiliki adalah “kenali nasabahmu”. Dengan begitu, seorang agen bisa meniali tingkat ketertarikan klien terhadap informasi yang diberikan.

Tanggung jawab agen adalah mengajukan pertanyaan yang tepat. Dengarkan minat klien, tujuan, serta kebutuhan yang diungkapkan. Agen harus mampu menggali informasi berikut jika ingin menilai secara tepat apakah produk tersebut cocok.

- Pekerjaan, usaha dan posisi calon klien di pekerjaannya.

- Usia calon klien, status pernikahan.

- Di mana tempat tinggalnya, apakah lingkungan tempat tinggalnya ada di kalangan atas?

- Hobby calon klien, apakah umum?

- Penghasilan calon klien dan berapa banyak jumlah tanggungan.

 

Menjelaskan Produk Asuransi Secara Lengkap

Jangan sampai seorang agen asuransi melewatkan informasi yang harusnya diberikan kepada klien. Jelaskan produk asuransi yang telah dipilih sesuai dengan kebutuhan klien. Agen asuransi harus menjelaskan mengenai produk fitur, manfaat produk bagi klien, serta persyaratan yang berkaitan dengan produk tersebut.

Miliki Informasi Terbaru

Informasi terkait produk asuransi bisa saja berubah tergantung dari kebijakan perusahaan asuransi. Jadi, para agen asuransi ini disarankan untuk selalu memperbarui informasi secara rutin, minimal satu tahun sekali.

Kode etik AAJI pada pasal 6 tercakup di dalamnya agar pembaruan informasi ini dapat diberi tanggal untuk membantu memonitor relevansi atas informasi tersebut.

Pengisian Form Aplikasi

Sesuai kode etik, saat mengisi formulir aplikasi asuransi hendaknya lakukan tepat di hadapan klien. Ajukan tiap pertanyaan yang terdapat dalam aplikasi, dan pastikan informasi yang dikumpulkan itu akurat sebelum meminta tanda tangan klien.

Setelah selesai mengisi formulir aplikasi, jelaskan terkait keanekaragaman untuk kedua kalinya sehingga klien benar-benar paham di setiap bagian informasi.

Penyerahan Polis

Ketika polis sudah terbit dari perusahaan, maka agen asuransi bertanggung jawab unutuk mengirim polis secepat mungkin kepada klien dan meminta bukti penerimaan polis. Pada saat bertemu klien, akan sangat baik bila meluangkan waktu untuk memastikan bahwa klien memahami produk yang dibeli dan mengapa produk tersebut dibeli.

Sebagai langkah pengawasan, anda disarankan untuk melakukan dokumentasi/mencatat, bila memungkinkan, setiap alasan untuk penundaan dalam pengiriman kontrak.