real
		time web analytics
Cobain Nih Trik Personal Trainer Ngebentuk Badan

TOPCAREER.ID – Sebelum jadi personal trainer seperti di tempat gym, bentuk badan yang bagus pun jadi pertimbangan pertama. Untuk itu, coba latihlah badanmu agar lebih berbentuk sebelum merambah ke bidang ini. Ada memang beberapa latihan yang perlu dilakukan agar bentuk badan makin kelihatan.

Fitness Manager Gold’s Gym Kalibata City, M. Agung Suryana mengatakan kepada TopCareer.id bahwa untuk menjadi personal trainer di tempat gym ada yang namanya fit test. Tes itu meliputi pengukuran komposisi tubuh, seperti berat badan dan tinggi badan yang proporsional, juga kadar lemak.

Menjaga kondisi fisik tetap prima serta membentuk tubuh pun perlu dilakukan agar lolos dalam fit test. Latihan khusus sederhana yang bisa membuat otot badan lebih terbentuk bisa melalui lari, push up, sit up, juga back up.

Push up minimal 1 menit, 1 menit itu 45 kali. Kalau sit up juga kurang lebih 45 kali dalam semenit. Satu kali set aja dalam sehari, cukup. Kalau untuk larinya itu enggak harus sehari berapa kali, tiap orang kemampuannya beda-beda, disesuaikan sama kebutuhan, paling intensitas seminggu dua kali,” ujar Agung.

Agung melanjutkan, bagi pemula atau awal-awal pembentukan otot, latihannya hanya tinggal dibedakan secara porsi saja. Misal, push up 10 hitungan tiap set, lakukan dalam 3 set dengan istirahat di tiap set selama 30 detik. Atau bisa juga satu set dihitung 15 kali, dan dilakukan dalam 3 set.

Sementara untuk latihan lari, kembali lagi sesuai kemampuan. Agung tidak menganjurkan membentuk badan dengan cara memaksakan diri karena bisa bahaya bagi tubuh kelak. Nanti, kalau sudah terbiasa jarak lari pun akan menyesuaikan, akan bertambah seiring intensitas lari yang kian sering.

Sementara, ketika ditanya butuh berapa lama seorang pemula dalam membentuk badan? Agung menjawab tergantung dari kondisi badan itu sendiri. Namun, biasanya dalam 3 bulan progres itu sudah mulai terlihat.

Perubahan untuk dasarnya kelihatan di 3 bulan, seterusnya di 6 bulan, lalu satu tahun. Itu kalau intensitas olahraganya pun dijaga. Meski dengan olahraga sederhana seperti push up, sit up, dan lari. Itu tiap hari,” ujar Agung.