real
		time web analytics
Syarat Jadi Personal Trainer di Mega Gym

TOPCAREER.ID – Salah satu mega gym populer di Indonesia, seperti Gold’s Gym memiliki syarat standar bagi kandidat yang ingin lolos menjadi personal trainer. Salah satu syarat itu misalnya minimal mempunyai pengalaman kerja sebagai personal trainer selama satu tahun. Selain itu, ada syarat apa lagi ya?

Pengalaman Satu Tahun

Menjadi personal trainer dituntut tak hanya paham ilmu kesehatan yang membuat tubuh lebih proporsional, tetapi juga bagaimana mengajar yang menyenangkan. Itu sebabnya pengalaman satu tahun personal trainer sangat dibutuhkan dalam proses seleksi di Gold’s Gym.

“Kami sih enggak mematok kalau dia (kandidat) sebelumnya trainer di mega gym, tapi setidaknya sudah pernah jadi trainer lah. Apalagi menjadi trainer itu kan kerjanya long hours, kemudian ketemu banyak member, ngajar orang,” kata Club General Manager Gold’s Gym Kalibata City, Novita Yunius kepada TopCareer.id.

Ketika ditanya bagaimana jika fresh graduate ikut dalam seleksi kandidat personal trainer? Novi menjawab bahwa hal itu masih bisa dipertimbangkan kalau memang pendidikan dari bidang olahraga. Pasalnya, Novi juga tidak memungkiri bahwa dalam industri fitness, faktor passion jadi salah satu penentu.

“Kami lihat passion-nya. Kalau dari ilmu olahraga berarti nyambung nih sama fitness industri. Tapi, memang training-nya harus lebih dalam lagi. Setidaknya kalau lulusan olahraga, ilmu tentang tulang sama otot itu paham lah setengah dari ilmu yang dimiliki seorang trainer,” ujar Novi.

Sertifikasi

Seiring dengan bertambahnya pengalaman dari personal trainer, maka banyaknya sertifikasi yang bakal dimiliki juga akan sejalan. Apalagi, tambah Novi, ilmu latihan atau olahraga terus berkembang sehingga tiap personal trainer pun perlu memperbarui kemampuannya.

Menurut Novi, sertifikasi yang dimiliki personal trainer itu memiliki masa expired, biasanya sekitar 2 tahun, jadi ya perlu di-update. Bahkan, Gold’s Gym sendiri mempunyai empat program sertifikasi yang wajib diikuti oleh para trainer-nya.

“Di mega gym lain memang persyaratannya sama kayak di Gold’s Gym, trainer harus punya sertifikat. Namanya ilmu latihan itu update terus, dan sertifikasi juga kan sebagai kebanggan seorang trainer,” jelas Novi.

Manager Fitness Gold’s Gym Kalibata City, M. Agung Suryana pun berkata hal yang sama bahwa sertifikasi itu salah satu syarat penting untuk menjadi personal trainer. “Syarat yang pasti punya passion. Itu syarat utama. Yang kedua ya ada sertifikasi,” ucap Agung.

Bentuk Badan Bagus

Kalau mau mempromosikan suatu produk, pasti hasil dari produk itu menjadi pemasaran tersendiri yang ampuh menyasar konsumen. Nah, begitu pula alasan kenapa personal trainer perlu punya badan yang bagus. Karena badan itu first impression bagi para member atau calon member gym.

Agung mengibaratkan bahwa personal trainer seperti role model bagi para member-nya. Kalau badan personal trainer tak menampilkan layaknya “role model”, lalu bagaimana bisa para calon member ini percaya atau join? Malah, kalau punya badan bagus bisa menjadi inspirasi bagi member untuk semangat dalam latihan agar body goals yang diinginkan bisa terwujud.

“Kalau laki-laki pasti pengin melihat trainer yang badannya udah ‘jadi,’ makin termotivasi. Kalau perempuan mau turunin berat badan, masa iya trainer-nya gemuk.”