real
		time web analytics
Hati-Hati! Salah Beli Drone Malah Enggak Bisa Terbang

TOPCAREER.ID - Di zaman yang serba teknologi gini, membeli drone di toko fisik emang sudah jarang banget lantaran kemudahan berbelanja online. Bagi kamu yang baru kenalan dengan drone, kamu bisa dapat product knowledge biar drone yang dibeli bisa terbang sempurna.

Product knowledge diberikan kepada pembeli secara menyeluruh jika memilih drone di toko. Hal itu juga dimaksudkan meminimalisasi kerusakan drone jika salah penanganan. Seperti yang dikatakan oleh Christianto, salah satu pemilik toko drone, Aerofly Hobbies di Mangga Dua Square.

“Kalau (toko) kami memang memberikan product knowledge tentang drone atau multicopter itu sendiri. Kami harus kasih tahu ke pembeli soal produk secara utuh. Itu kelebihan kami punya toko fisik. Keuntungan bagi customer sebenarnya, mereka bisa datang tanya jawab. Mereka beli, kami ajarkan,” kata Christianto kepada Topcareer.id.

Christianto menyebut hal seperti itu yang tidak akan didapat jika membeli drone di toko online. Tidak cuma knowledge soal drone-nya, tapi ketika customer membeli drone di toko fisik, bakal dilayani dari awal hingga akhir, sampai drone benar-benar berfungsi secara sempurna. 

Bagi yang sudah paham seluk beluk dunia drone, mungkin membeli di toko online akan lebih praktis daripada harus ke toko fisik. Namun, bagi para newbie atau pemula rasanya butuh pengetahuan mendalam soal drone sebelum melakukan pembelian karena salah dikit, drone bisa malah tak berfungsi.

“Kalau ada yang beli, ya kami buka dulu (kemasan), kami charging battery, kami aktivasi, update firmware, lalu kami terbangkan barangnya di depan, setelah one hundred percent proper baru kami kasih. Kami kasih tahu cara terbang yang baik.”

Christianto menyebutakan salah satu kasus jika pelanggan tak paham saat membeli drone, yakni gagal update drone firmware. Meski informasi terkait update firmware drone bisa dipelajari di mesin pencari seperti Google, namun datang bertanya langsung bisa meminimalasasi kesalahan yang tak diinginkan.

“Kalau muncul sistem upgrade firmware harus di-update. Kalau gagal update firmware akan menimbulkan masalah pada pesawat. Masalah gagal update, kalau fatal kamera bisa rusak. (drone) Enggak bekerja sebagaimana mestinya, jadi masalah,” ujar Christianto.

Efek yang timbul jika gagal update firmware atau tidak sesuai, maka juga ada kemungkinan sistem operasi drone bakal mengalami gangguan. Misal salah satunya yakni sinyal yang sering muncul dan hilang.

Aerofly Hobbies yang sudah bergerak selama 15 tahun ini memiliki website di mana customer bisa melakukan pembelian secara online. Lagi, Christianto menyarankan siapapun yang hendak membeli drone, ada baiknya paham seluk beluk pengetahuan soal drone sehingga tidak salah memilih atau malah rugi.

Ia menambahkan, membeli barang di pasar online memang akan lebih murah, namun perlu siap juga dengan risiko yang ada. “Konsep online itu market place, boleh kamu beli bilamana sudah paham. Kalau enggak paham, ya jangan, mendingan bayar lebih mahal, apalagi ini barang jadi.”

Saat ini masih banyak toko drone fisik yang ada di Jakarta, bahkan untuk merk DJI sendiri ada distributor resmi yang bisa dipercaya, seperti di Pondok Indah Mall 2, Mall Taman Anggrek, atau DJI Experience Store Ratu Plaza. Ada juga toko drone lain yang bisa kamu sambangi di daerah Jakarta dan sekitarnya.