real
		time web analytics
Ini Lho Drone yang Cocok Bagi Pemula

TOPCAREER.ID – Bagi kamu yang tertarik untuk menghasilkan foto panorama dari udara atau aerial fotografi, sebelumnya tentu butuh peralatan yang diperlukan, dong. Profesional aerial fotografer, Anton Chandra berbagi kepada TopCareer.id, kira-kira peralatan apa yang tepat digunakan oleh pemula aerial fotografi/videografi.

Memang akan lebih disarankan, untuk membeli drone yang sudah termasuk dengan kamera di dalamnya. Apalagi, ragam drone kini semakin berkembang yang mampu memudahkan para pemula. Beli satu paket drone, sudah siap untuk diterbangkan tanpa perlu repot merakit.

“Sebenarnya kalau buat pemula, tinggal beli drone tipe Mavic Pro, itu udah langsung terbang. Ya, paling tambahannya handphone aja untuk monitor. Atau drone tipe Pro Plus yang sudah ada monitornya sendiri. Jadi beli itu udah bisa terbang, bisa capture foto,” kata founder komunitas Skygrapher Indonesia ini.

Kira-kira berapa sih harga yang disiapkan dalam membeli drone bagi pemula, tantu siap terbang dan foto-foto. Anton menyebut angka kisaran Rp14 juta untuk drone yang siap digunakan dalam aerial fotografi. Menurutnya, harga Rp14 juta itu untuk tipe yang Mavic Pro, sementara tipe Phantom 4 Pro di kisaran Rp21-22 juta.

Kedua tipe ini sebenarnya hampir memiliki spesifikasi yang sama, seperti sensor kamera yang telah mencapai kualitas 4K, yakni kamera yang resolusinya Ultra HD atau Ultra High Definition kualitas cinema. Selain itu, mampu terbang selama kurang lebih 30 menit, tergantung merknya.

Namun, jika kamu merasa perlu meng-upgrade spesifikasi drone tersebut, kamu bisa saja membeli beberapa komponennya secara terpisah. Misal, jika ingin memiliki jangkauan terbang yang lebih jauh, kamu bisa mengganti antenanya.

“Terus monitor, kalau enggak mau pakai monitor HP bisa beli crystal sky yang bagus. Crystal sky itu ketika foto di terik matahari panas, kalau di HP mungkin enggak kelihatan saking silaunya, tapi kalau pakai crystal sky itu tetap kelihatan dan lebih jernih,” ujar Anton.

Anton lantas merinci perlengkapan tambahan jika ingin meng-upgrade spesifikasi drone. Untuk crystal sky yang disebutkan tadi bisa mencapai harga Rp6 juta. Kemudian antena untuk memperluas jangkauan drone sekitar Rp1-4 juta. Sementara, baling-baling satu set Rp250 ribu untuk dua buah.