real
		time web analytics
Macam-Macam Fungsi Drone untuk Foto

TOP CAREER – Tak seru rasanya kalau momen bahagia terlewat begitu saja tanpa diabadikan lewat foto. Bahkan, momen seperti pernikahan “jaman now” sudah memodifikasi pemotretan lewat udara atau drone fotografi agar memperoleh angle yang bagus. Kira-kira drone fotografi biasa digunakan untuk apa saja ya?

Selain momen sakral pernikahan, aerial fotografi/videografi juga kerap dipakai untuk kepentingan film demi memperoleh stockshoot yang menarik. Itu yang dikatakan oleh profesional aerial fotografer, Anton Chandra.

Kegunaaan aerial banyak yah. Satu untuk film, sinetron aja pasti ada aerialnya. Kemudian, video klip dan lain-lain. Video company profile juga kan pakai aerial. Jadi kalau saya simpulin, aerial fotografi dan video sudah masuk ke semua tayangan televisi,” kata Anton kepada TopCareer.id. 

Selain untuk kebutuhan kreatif seperti foto dan video, drone sendiri kerap dijadikan alat untuk membuat pemetaan suatu wilayah. Anton menyebutnya dengan drone mapping. Secara hasil, tentu akan berbeda dengan aerial fotografi, namun alat yang digunakan sama saja.

Bedanya, ketika drone mapping, si drone akan melakukan pemotretan tanpa mempertimbangkan komposisi yang tepat untuk menghasilkan gambar yang bagus. Fokusnya adalah pemetaan, sehingga hasilnya juga bukan untuk dinikmati seperti aerial fotografi.

Jadi si drone itu digunakan terbang, kemudian foto. Misal, jangkauannya 20 hektar, si drone itu otomatis motret sendri, diatur mungkin 5 detik sekali motret, sampai mungkin ribuan foto, nanti dijadikan satu foto-foto itu. Diedit di software-software mapping, yang berbeda dengan software editing aerial,” ujar Anton.

Tahap editing pada aerial fotografi dengan drone mapping, kata Anton, akan sangat berbeda porsinya. Anton berujar, saat drone mapping yang diinginkan adalah kuantitas foto sementara aerial fotografi bagaimana memperoleh satu foto yang terbaik.

Itu dari kegunaan yang untuk melakukan pemotretan. Sementara, Anton menambahkan, saat ini racing drone juga tengah berkembang di kalangan pilot drone. Racing drone atau balap drone memiliki peralatan yang tergolong berbeda.

“Balapan di lapangan, ada sirkuitnya kayak mobil aja. Si drone harus ada di sirkuit itu di dalam jalur, kalau drone keluar jalur ya kalah. Kalau nabrak ya kalah, nanti yang jadi pemenang adalah yang juara yang benar-benar dua kali berhasil sampai finis,” ujar Anton.

Anton menyampaikan, skill yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan ini juga pada tingkatan yang mahir karena drone yang digunakan dalam balap akan berbeda medannya dengan drone untuk foto.