real
		time web analytics
Prediksi Industri Drone Tahun Ini

TOP CAREER – Mulai tertarik pada drone? Nih intip prediksi industri drone di 2018. Perkiraan itu dikeluarkan Drone Deploy pada analisis berjudul 2018 Commercial Drone Industry Predictions. Berikut ini antara lain poin-poin prediksinya.

DJI Masih Merajai Pasar

Tahun lalu, DJI menguasai 72% pangsa pasar dunia untuk produk drone. Drone Deploy memperkirakan ketangguhan DJI dalam penguasaan pasar akan berlanjut di 2018.

Banyak Outside Player Masuk ke Industri Drone

Beberapa tahun belakangan, nama-nama besar seperti Google, Facebook, dan Intel mulai memasuki industri drone. Tahun ini akan semakin banyak lagi pemain-pemain besar yang masuk, namun akan lebih banyak yang fokus pada software serta aplikasi, dan akan banyak integrasi dengan sistem-sistem seperti ERP, CAD, BIM, serta GIS.

Banyak Perusahaan yang Gunakan Drone Secara in-house

Data dari Skylogic Research menunjukkan bahwa di 2017, terdapat 67% perusahaan yang lebih memilih untuk memiliki in-house program ketimbang menyerahkannya kepada pihak ketiga (kontrak alih daya) ataupun campuran. Hal ini akan terus berkembang serta akan mempengaruhi bisnis model perusahaan-perusahaan operator drone.

Skala Operasi drone  Bakal Besar

Dengan semakin banyaknya perusahaan besar yang mengadopsi aplikasi drone dalam proses bisnis mereka, tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat akan melihat operasi drone sebagai program berbasis harian. Perusahaan yang awalnya hanya mengoperasikan 1-2 drone bisa jadi mulai berkembang ke skala operasi lebih besar, untuk mengoperasikan drone hingga 100 unit. Hal ini juga didukung oleh semakin terjangkaunya teknologi drone, terutama teknologi kelas konsumer.

Machine Learning dan AI Merajalela

Seperti yang diceritakan pada poin sebelumnya, machine learning dan AI yang telah menjadi primadona di industri teknologi tahun 2017 juga akan mulai diadaptasi di aplikasi drone. Melalui konsep ini, AI dapat membantu perusahaan yang mengoperasikan drone dalam memberikan insight mengenai data yang mereka peroleh, serta machine learning dapat mempermudah seluruh proses. Smart drone concept akan mulai masuk ke industri yang bersifat strategis seperti agrikultur, tambang, dan konstruksi.

Analisis Data Real-Time Jadi Peluang

Data dari drone saat ini masih dianggap sebagai data yang kurang praktis karena membutuhkan proses pengolahan dan interpretasi data yang cukup panjang. Di tahun 2018, hal ini akan berubah. Instant insights akan menjadi peluang baru bagi pengembang hardware maupun software untuk dapat menyajikan informasi secara cepat, tepat, serta akurat, dalam kurun waktu yang tidak terbayangkan sebelumnya.