Topcareer.id – Ketika kamu baru masuk kantor atau mulai pekerjaan pertama kali, yang kemungkinan orang lain masih sulit mengevaluasi kinerjamu. Butuh beberapa saat bagi proyek baru untuk mencapai titik di mana mereka memberikan hasil.
Namun, ada bukti bahwa ketika kamu memiliki kesan yang baik tentang seseorang, kamu mengevaluasi tindakan mereka dengan lebih baik daripada ketika kamu memiliki kesan yang tidak menyenangkan.
Melansir laman Fast Company, berikut tips membangun first impression (kesan pertama) yang baik saat mulai di kantor baru.
1. Dimulai sebelum kamu mulai kerja
Art Markman, seorang Profesor Psikologi dan Pemasaran di University of Texas menyarankan, persiapkan hari pertamamu di tempat kerja bahkan sebelum kamu tiba di sana. Jika kamu baru mengenal perusahaan, kamu harus membacanya. Mintalah beberapa informasi kepada bos baru jika mereka tidak memberikannya. Cari tahu sebanyak mungkin tentang apa tanggung jawabmu nantinya.
“Kamu tidak akan siap untuk menyelesaikan pekerjaan yang sebenarnya sebelum kamu mulai, karena kamu tidak akan tahu persis apa yang diminta untuk kamu lakukan. Namun, tujuannya adalah untuk membiasakan diri dengan istilah-istilah yang mungkin kamu temui di tempat kerja dan memiliki serangkaian pertanyaan yang ingin kamu jawab saat memulai,” kata Markman.
2. Perbanyak ‘mendengar’ selama memulai kerja
Saat pertama kali tiba di pekerjaan baru, ada godaan untuk langsung membuat percikan besar. Tekanan untuk memberikan dampak bisa sangat kuat terutama bagi orang-orang yang memasuki peran kepemimpinan.
Baca juga: Dari Kesan Pertama Kamu Bisa Tebak Kepribadian Orang, Begini Caranya
Ketika kamu pertama kali masuk ke kantor baru, dengarkan orang-orang dengan sungguh-sungguh. Apa kekhawatiran mereka? Bagaimana mereka berbicara tentang pekerjaan yang mereka lakukan? Apa yang mereka utarakan sebagai prioritas mereka.
Semakin kamu memahami tentang apa yang orang lain anggap penting, semakin baik kamu akan mencurahkan upaya untuk tugas-tugas utama.
3. Melayani
Dalam pidato pengukuhannya, John F. Kennedy berkata, “Jangan tanyakan apa yang negara Anda bisa lakukan untuk Anda, tanyakan apa yang bisa Anda lakukan untuk negara Anda.”
Sikap menemukan cara untuk melayani itu berlaku untuk organisasi manapun tempatmu bekerja. Tidak peduli peran apa yang kamu ambil, fokus awalmu harus pada bagaimana kamu dapat membantu orang-orang di sekitarmu untuk mencapai tujuan mereka.
Orang-orang mengingat orang lain yang telah membantu mereka di masa lalu. Selain itu, kebanyakan orang ingin membalas anggota komunitas mereka yang telah melakukan kebaikan untuk mereka.
Memulai waktumu dengan tim baru dengan membantu orang lain bisa memperkuat kesan pertama di kantor baru yang menyenangkan dan juga membangkitkan rasa dukungan dari orang-orang yang dapat kamu andalkan.