Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Friday, September 20, 2024
idtopcareer@gmail.com
Lifestyle

Hari Kidal Sedunia 13 Agustus, Ini Maknanya

Ilustrasi orang dengan tangan kidalIlustrasi orang dengan tangan kidal. (Pexels)

TopCareer.id – Hari Kidal Sedunia diperingati pada 13 Agustus, di mana peringatan ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap mereka yang lebih dominan menggunakan tangan kiri dalam kesehariannya, atau orang kidal.

Kidal menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti: bersifat lebih terampil tentang anggota badan (tangan) bagian kiri daripada bagian kanan.

Mengutip National Day Calendar, sekitar 10 sampai 12 persen dari populasi adalah kidal. Meski begitu, di masyarakat yang lebih sering memakai tangan kanan, penggunaan tangan kiri seringkali dipandang buruk.

Dikutip dari National Today, Hari Kidal Internasional pertama kali diperingati oleh pendiri Lefthanders International, Inc., Dean R. Campbell pada 1976. Peringatan ini dirayakan setiap tahun sejak itu.

Kemudian, Left-Handers Club meluncurkan Hari Kidal Sedunia pada 13 Agustus 1992, dengan tujuan menciptakan kesadaran akan kelebihan dan kekurangan orang kidal.

Baca Juga: Pandemi Hambat Keterampilan Komunikasi & Adaptasi

Dikutip dari CNN, sebuah studi tahun 1996, para peneliti Harvard Medical School menemukan dokter bedah ortopedi, pustakawan, dan matematikawan sebagian besar adalah orang yang tidak kidal.

Sementara, pengacara dan arsitek, sebagai sebuah kelompok, “adalah orang yang paling tidak kidal atau paling kidal.”

Studi lain menunjukkan bahwa ada lebih banyak orang kidal yang bekerja sebagai seniman dan musisi serta di lingkungan universitas. Menariknya, menurut NASA, lebih dari 20 persen astronot Apollo adalah orang kidal.

Dikutip dari Reader’s Digest, ada beberapa tokoh yang diketahui merupakan seorang kidal antara lain David Bowie, Nikola Tesla, Bill Gates, Steve Jobs, Bill Clinton, hingga Barack Obama.

Leave a Reply