Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Thursday, September 19, 2024
idtopcareer@gmail.com
Info Lowongan Kerja

Waspada, Ada Hoaks Lowongan Kerja KAI

TopCareer.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengingatkan masyarakat terhadap penipuan atau hoaks lowongan kerja, yang bermodus rekrutmen mengatasnamakan KAI.

Pernyataan ini disampaikan usai muncul hoaks lowongan kerja berupa surat palsu berisi panggilan seleksi menjadi calon karyawan KAI, yang beredar 10 Agustus 2024. Surat ini palsu dan bukan panggilan resmi perusahaan.

“Kami menyayangkan aksi tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan rekrutmen KAI,” ujar VP Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan tertulisnya, dikutip Selasa (13/8/2024).

“Masyarakat diharapkan lebih teliti dan kritis jika mendapatkan pesan berupa pengumuman rekrutmen ataupun undangan melakukan seleksi dengan persyaratan tambahan seperti penyediaan akomodasi dan transportasi,” imbuhnya.

Baca Juga: KAI Tebar Promo Peringati HUT ke-79 RI

Menurut Anne, KAI tidak pernah membuat surat undangan rekrutmen yang mengharuskan peserta menggunakan hotel dan transportasi tertentu yang telah disediakan.

Ia menyebut, semua infrmasi terkait rekrutmen KAI sepenuhnya disampaikan melalui situs resmi dengan alamat e-recruitment.kai.id, serta media sosial resmi perusahaan @keretaapikita atau @kai121.

“Jika menemukan info rekrutmen yang tidak bersumber dari situs tersebut, agar masyarakat dapat mengabaikannya,” kata Anne.

Baca Juga: KAI: Jumlah Penumpang KRL Tembus 191 Juta

Selain itu, KAI tidak pernah melakukan proses rekrutmen dengan surat menyurat, atau mengirimkan berkas yang dititipkan melalui seseorang atau melalui email.

KAI juga tidak memungut biaya apapun dari pelamar, serta tidak pernah bekerja sama dengan agen perjalanan dalam proses seleksi pekerja.

Anne mengimbau, jika menemukan informasi meragukan, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Leave a Reply