Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Friday, September 20, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

17 Agustus Kemerdekaan Indonesia, Ini Sejarahnya

Ir. Soekarno (Bung Karno) didampingi Drs. Mohammad Hatta (Bung Hatta) sedang memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia pada hari Jum'at tanggal 17 Agustus 1945 jam 10.00 pagi di Pegangsaan Timur 56 Jakarta (sekarang jalan Proklamasi).

TopCareer.id – Setiap 17 Agustus, Republik Indonesia memperingati hari kemerdekaannya, di mana tahun 2024 ini menjadi perayaan ke-79. Sejarah kemerdekaan Indonesia pun sudah banyak tercatat di buku-buku sejarah dan literatur.

Mengutip esi.kemdikbud.go.id, di sidang Parlemen Jepang di Tokyo pada 16 Juni 1943, Perdana Menteri Jepang Hideki Tojo mengumumkan kesempatan bangsa Indonesia untuk berperan dalam politik dan pemerintahan. Hal itu dia tegaskan lagi saat berkunjung ke Jakarta pada 7 Juli.

Pasukan Jepang yang makin terdesak dalam Perang Dunia II membuat Perdana Menteri selanjutnya, Kuniaki Kaso, dalam sidang Parlemen Jepang di Tokyo 7 September 1977, mengumumkan Dai Nippon mengizinkan Indonesia merdeka di kemudian hari.

Sehari setelah itu, Indonesia boleh mengibarkan bendera Merah Putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Baca Juga: Logo HUT ke-79 RI Diluncurkan, Ini Makna dan Filosofinya

Janji kemerdekaan kembali dipertanyakan. Pada 1 Maret 1945 Panglima Tentara (Saiko Syikikan) Jepang Kumaciki Harada, mengumumkan rencana pembentukan Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

BPUPKI resmi diumumkan pada 29 April 1945 dengan ketua dokter Radjiman Wedyodiningrat, serta dua wakil ketua yaitu Itibangase Yosio dan R.P. Soeroso.

Selain itu ada tujuh orang Jepang, dari 60 orang anggota, yang duduk sebagai pengurus istimewa yang akan menghadiri setiap sidang tanpa hak suara. Sehingga, lembaga ini tetap berada di bawah kontrol Jepang.

Di sidang pertama BPUPKI pada 28 Mei sampai 1 Juni, dibahaslah dasar negara. Dari situ dicetuskan bahwa Pancasila menjadi dasar negara sesuai pidato Soekarno pada 1 Juni 1945.

Selanjutnya: Pembentukan Panitia Sembilan

Leave a Reply