Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Tuesday, October 22, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Stasiun Pondok Rajeg Aktif Lagi Usai 18 Tahun Tak Beroperasi

Stasiun Pondok Rajeg resmi dioperasikan kembali (KAI)

TopCareer.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengoperasikan kembali Stasiun Pondok Rajeg pada Sabtu, 19 Oktober 2024 lalu, sehingga pengguna KRL atau commuter line untuk naik atau turun di stasiun tersebut.

Pengaktifan kembali dilakukan lewat peresmian perjalanan KRL oleh Menteri Perhubungan 2019-2024 Budi Karya Sumadi. Stasiun yang terletak di Jatimulya, cilodong, Depok ini dioperasikan setelah 18 tahun tidak beroperasi.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, stasiun yang terletak di lintas antara Stasiun Cibinong dan Stasiun Citayam itu sempat berhenti beroperasi sejak tahun 2006 silam.

“Setelah selesai direaktivasi dan penambahan berbagai fasilitas layanan, kini masyarakat sekitar daerah Pondok Rajeg dan Cibinong bisa kembali naik dan turun Commuter Line di stasiun tersebut,” kata Anne, mengutip siaran pers, Senin (21/10/2024).

Baca Juga: MRT Gandeng Bank DKI, Stasiun Bundaran HI Pakai Nama Baru

Uji coba perjalanan commuter line Nambo-Jakarta Kota yang berhenti di stasiun ini guna melayani naik dan turun penumpang, dimulai pada Sabtu akhir pekan lalu.

Dengan adanya penambahan Stasiun Pondok Rajeg, jumlah stasiun yang melayani perjalanan KRL menjadi 83 stasiun.

Stasiun ini setiap harinya akan melayani 24 perjalanan KRL relasi Nambo dengan tujuan Jakarta Kota. Operasional perjalanan dimulai pukul 05.10 WIB hingga 22.05 WIB.

Selain itu, PT KAI juga menyediakan beberapa fasilitas seperti area tunggu, loket, ruang laktasi, musholla, toilet disabilitas, dan lima unit gate elektronik.

Saat ini, volume rata-rata pengguna yang naik pada hari kerja di stasiun sekitar Pondok Rajeg yaitu Stasiun Citayam, Cibinong dan Nambo, masing-masing 30.961 orang, 3.797 orang, dan 1.357 orang.

Sedangkan untuk Stasiun Depok, rata-rata volume yang naik dari stasiun tersebut sebanyak 21.430 orang.

Baca Juga: Subsidi KRL Berbasis NIK Jadi Wacana, Kelas Menengah yang Menderita

Sementara, rata-rata volume pengguna commuter line yang menuju stasiun lintas Nambo yaitu Stasiun Citayam 27.967 orang, Stasiun Cibinong 3.400 orang dan Stasiun Nambo 1.402 orang.

Aktifnya Stasiun Pondok Rajeg diharapkan akan dapat membagi kepadatan pengguna di Stasiun Citayam.

“Diprediksi volume pengguna yang akan beralih dari Stasiun Citayam sebanyak 10 persen dan 10 persenpengguna dari Stasiun Cibinong, atau diprediksi volume pengguna di Stasiun Pondok Rajeg sebanyak tiga sampai empat ribu orang tiap hari kerjanya,” kata Anne.

Untuk melengkapi layanan, KAI Commuter akan menugaskan staf stasiun dan petugas loket masing-masing sebanyak empat orang dan petugas pengamanan setiap harinya.

“KAI juga mengimbau demi kenyamanan bersama agar para pengguna untuk selalu menjaga prasarana dan fasilitas-fasilitas pelayanan di area Stasiun Pondok Rajeg,” pungkas Anne

Leave a Reply