Topcareer.Id – Sulit rasanya bekerja di kantor tanpa bersosialisasi. Meski tak harus berteman dengan semua orang, namun memiliki hubungan sehat, terutama dengan orang-orang yang terlibat dalam pekerjaan kita, sangatlah perlu untuk memastikan pekerjaan kita berjalan lancar.
Selain itu, kita juga perlu memiliki beberapa tipe teman untuk bisa sukses dalam karier kita. Berikut empat teman yang kita perlukan untuk mencapainya.
Sahabat karib
Memiliki sahabat karib di kantor bisa meningkatkan performa kerja kita, termasuk produktivitas. Keberadaannya dapat meningkatkan semangat kita dalam bekerja, serta menjadi pemulih kepercayaan diri ketika kita sedang down atau ditegur karena melakukan kesalahan.
HRD
Memiliki teman HRD memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah akses menuju informasi mengenai apa yang sedang terjadi di kantor, dan kemungkinan untuk pindah ke posisi lain yang lebih sesuai dengan kamampuan kamu.
Baca juga: Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2023 Siap Dibuka, Ini Ketentuannya
Sponsor
Selain sahabat karib, kita juga butuh teman yang bisa mensponsori kita untuk naik jabatan.
Ini bisa kita dapatkan dari teman yang lebih senior, dan beberapa teman yang memiliki keterlibatan langsung dengan apa yang kita kerjakan, sehingga menjadi saksi dari pantas atau tidaknya kita untuk dipromosikan.
Saingan
Memiliki saingan bukanlah sebuah kekurangan. Justru dengan keberadaan mereka, kita bisa meningkatkan skill agar bisa tampil dengan lebih baik.
Nah, itu 4 dari beberapa jenis teman yang bisa membantu kesuksesan karier kita. Apakah kamu memiliki salah satu di antaranya?