Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Thursday, November 21, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Nih, Keterampilan Kepemimpinan yang Paling Dibutuhkan Perusahaan! (Bagian 1)

Ilustrasi. Sumber foto: ntuclearninghub.comIlustrasi. Sumber foto: ntuclearninghub.com

Topcareer.Id – Memang benar bahwa keterampilan kepemimpinan diperlukan bagi manajer untuk menjadi pemimpin yang hebat.

Namun, manajer bukan satu-satunya individu dalam organisasi yang dapat memperoleh manfaat dari memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat.

Keterampilan kepemimpinan memungkinkan individu di semua tingkat organisasi untuk memiliki dampak positif.

Mengapa keterampilan kepemimpinan itu penting?

Keterampilan kepemimpinan memungkinkan karyawan untuk menginspirasi orang lain untuk mendukung tujuan bersama.

Keterampilan kepemimpinan juga mencakup kemampuan untuk mengembangkan rencana, melibatkan orang yang tepat, dan kemudian melihat rencana dari awal hingga akhir.

Keterampilan kepemimpinan yang kuat membantu individu, departemen, tim, dan organisasi secara keseluruhan mencapai tujuan mereka.

Mengapa perlu menonjolkan keterampilan kepemimpinan di resume?

Perusahaan sangat menghargai keterampilan kepemimpinan.
Jika kamu berada di pasar kerja, menyoroti keterampilan kepemimpinan di resume dan CV adalah cara sempurna untuk mendapatkan minat dari calon perusahaan.

Contoh keterampilan kepemimpinan

Berikut adalah beberapa keterampilan kepemimpinan umum yang dicari setiap perusahaan pada karyawan mereka, terutama manajer dan tim leader.

Bagian pertama dari artikel.

Komunikasi
Hampir semua posisi dalam suatu organisasi membutuhkan keterampilan komunikasi verbal dan tertulis yang efektif, terutama bagi mereka yang ingin memancarkan kemampuan kepemimpinan.

Sebagai seorang pemimpin, seseorang harus dapat berkomunikasi dengan karyawan dan tim dengan berbagi tujuan individu, tujuan tim, harapan, dan sumber daya yang tersedia.

Pemimpin juga harus dapat mendengar apa yang karyawan mereka coba komunikasikan dengan mereka dan merespons dengan tepat.

Contoh keterampilan kepemimpinan dalam hal komunikasi antara lain:
⦁ Mendengarkan secara aktif
⦁ Presentasi
⦁ Kesadaran akan isyarat non-verbal dan bahasa tubuh
⦁ Public speaking
⦁ Komunikasi tertulis yang sangat baik

Delegasi
Meskipun belajar bagaimana melakukan pekerjaan dengan baik adalah salah satu hal terberat, para pemimpin yang baik tahu bagaimana mendelegasikan.

Ini penting ketika kamu mengelola proyek, tim, dan orang untuk memastikan tugas selesai tepat waktu dan sesuai kebutuhan.

Dengan mendelegasikan dengan benar, kamu tidak hanya membantu diri sendiri dengan tidak membebani jadwal, tetapi juga menunjukkan kepada karyawan kamu bahwa kamu memercayai mereka untuk menyelesaikan tugas.

Pendelegasian yang cerdas juga melibatkan pengenalan karyawan kamu dengan cukup baik untuk memahami kekuatan dan kelemahan mereka sehingga kamu dapat mendelegasikan tugas yang sesuai tanpa mengatur mereka dengan manajemen mikro.

Contoh keterampilan kepemimpinan delegasi antara lain:
⦁ Penjadwalan
⦁ Pemikiran strategis
⦁ Prediksi
⦁ Organisasi
⦁ Komunikasi tertulis dan verbal yang baik
⦁ Perhatian terhadap detail
⦁ Kesadaran diri

Penyelesaian masalah
Waktunya pasti akan datang ketika proyek akan mendekati anggaran, tugas akan mendorong tenggat waktu, dan pelanggan atau klien tidak akan senang dengan skenario mereka saat ini.

Dalam situasi seperti ini, seorang pemimpin yang efektif akan berguling dengan pukulan dan mampu melakukan apa yang diperlukan untuk memecahkan masalah situasi untuk hasil terbaik.

Contoh keterampilan kepemimpinan pemecahan masalah:
⦁ Kreativitas
⦁ Evaluasi
⦁ Riset
⦁ Berpikir kritis
⦁ Fleksibilitas
⦁ Kemampuan beradaptasi
⦁ Berpikir analitis

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply