real
        time web analytics

Info

Alasan Mengapa Mudah Terdistrak Saat Bekerja


TOPCAREER.ID – Pernahkah Anda sadar atau tanpa sadar membuang-buang waktu berharga hanya untuk scrolling timeline di sosial media atau cek handphone? Tapi tak hanya smartphone yang bisa membuat Anda terlaihkan atau terdistract dari kegiatan utama. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh dua psikolog, Matthew Killingsworth dan Daniel Gilbert dari Harvard, menemukan bahwa otak manusia secara unik terprogram untuk menikmati distraksi. Jadi, otak manusialah yang menjadi dalang dari mudah hilangnya fokus ketika bekerja. 

Penelitian ini melibatkan sekitar 2.250 orang yang mengaku menghabiskan 47 persen waktu kerjanya untuk mind wandering, alias ketika seseorang tidak fokus di satu hal dalam jangka waktu yang lama, dan terus-menerus memikirkan hal yang berbeda-beda tanpa ia sadari. 

Mengutip Times of India, penelitian ini juga menemukan bahwa seseorang lebih gampang terdistraksi ketika sedang bersedih, atau bad mood. Maka riset ini menegaskan bahwa kita harus lebih fokus kepada emosi, daripada lingkungan sekitar, jika tak ingin gampang terdistraksi.

Sebenarnya ada tiga hal yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan 'penyakit' ini. Hal pertama adalah, menyadari ketika Anda mulai terdistraksi. 

Misal, Anda sedang mengerjakan sesuatu, tiba-tiba muncul notifikasi di Instagram, Anda membiarkan diri untuk membuka aplikasi itu, dan tanpa sadar sudah menghabiskan 30 menit untuk scrolling tanpa tujuan. Kalau sudah begini, segeralah kembali fokus ke kerjaan. 

Kedua, alihkan perhatian ke masa sekarang. Maksudnya, kalau sedang di kantor, 100 persen fokus di kantor mengerjakan tugas. Coba ajak ngobrol teman kerja supaya pikiran tetap fokus. 

Terakhir, latihlah otak untuk fokus ke satu hal selama 15 sampai 20 detik. Misalkan saat makan, benar-benar rasakan tekstur dan bumbu yang ada di makanan itu. 

Contoh lain ketika mendengarkan musik, cobalah untuk memperhatikan melodi dan liriknya. Latihan seperti ini bisa membantu untuk tetap fokus dan tak mudah terdistraksi.

 

Rekomendasi

Terkait